Tips Melawan Berita Hoax

2/13/2017
sumber foto : tekno.kompas.com
Semenjak pilpres 2014, dunia maya terpecah menjadi dua kubu yang saling serang dengan berita hoax. Mendekati pemilukada serentak 15 Februari 2017, puluhan hoax kembali bermunculan dengan masifnya. Hoax paling banyak adalah mengenai pemilu di DKI Jakarta khususnya yang berkaitan dengan kasus penistaan agama oleh salah satu calon Gubernur DKI Jakarta. Lalu bagaimana kita sebagai bloger melawan berita hoax?

Saya tahu kita masih "baper" jika mendengar kata pemilu. Apapun dulu pilihan kita, kita pasti senang saat ada berita jelek soal lawan, walaupun terkadang kita sadar berita tersebut belum tentu benar. Suhu semakin panas dan merembet hingga banyak yang memutuskan pertemanan di media sosial. Rasanya media sosial tidak menyenangkan seperti dahulu, ada saja yang membagi berita yang kurang menyenangkan. Lalu bagaimana kita menghadapinya. Ini tips melawan berita hoax menurut saya:

  1. Tahan diri jangan mudah terpancing emosi. Kita pasti akan ada rasa emosi saat teman di media sosial membagikan hal yang kurang menyenangkan dan menjurus ke hoax kepada apa yang percayai. Hal pertama untuk melawan berita hoax adalah jangan sampai kita terpancing emosi. Kenapa hal pertama ini penting, karena agar teman kita sadar bahwa artikel yang ia bagi tersebut memang tidak penting bagi kita. Biarkanlah dia bosan dan mari fokus pada postingan positif yang kita atau teman bagikan.
  2. Perbanyak wawasan dengan membaca. Sempatkanlah membaca artikel dari situs berita terpercaya saja. Dengan begitu wawasan kita akan menjadi banyak. Dan jangan lupa jangan hanya membaca judul artikelnya saja.
  3. Jangan ikut membagikan berita yang belum jelas. Walaupun berita tersebut menyenangkan bagi kita karena menyerang kubu yang kontra dengan apa yang kita percayai, namun jangan sampai kita seperti mereka yang suka menyebarkan berita bohong. Tolak menyebarkan berita yang tidak jelas.
  4. Ikut komunitas melawan hoax. Kini banyak komunitas dan grup media sosial yang dengan ramai-ramai melawan hoax. Biasanya mereka akan bersama-sama mencari fakta atas berita yang dianggap kebohongan. Untuk melawan hoax, ikut komunitas ini adalah wajib.
  5. Menjadi bloger. Tips melawan hoax yang terakhir adalah menjadi bloger, tentunya bloger yang fokus menyebarkan informasi menarik bukan bloger yang membuat artikel hoax agar adsense-nya meningkat.

Sekian tips melawan berita hoax dari saya. Semoga bermanfaat. Ayo #TurnBackHoax.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

18 komentar

Write komentar
13 Februari 2017 11.33 delete

Setuju dengan tips-nya. Khususnya nomor 1 dan 3. Alasannya, "terpancing emosi" ini salah satu kesulitan terbesar manusia ;-). Kedua, patut disayangkan, kadang entah sengaja atau tidak, berita hoax diperparah dengan tombol share. semoga ke depan, para pembaca tidak hanya ikut emosi lalu share, tapi juga ikut menulis tandingan atau penyeimbang.
Ulasan menarik ;-)
@ge1212y

Reply
avatar
13 Februari 2017 13.42 delete

Untuk ikut komunitas, saya sampai sekarang belum tertarik. Yah, belum siap "terikat" dengan "doktrin" mereka. hehe

Reply
avatar
13 Februari 2017 13.52 delete

Kalau cuman nyimak kan juga boleh mas :)

Reply
avatar
13 Februari 2017 16.50 delete

tipsnya AHY berarti tidak berlaku ya mas " Jangan curiga" hahaha

Reply
avatar
14 Februari 2017 04.57 delete

Setuju dengan tips ini mas. Betul juga jangan mudah emosi. Banyak baca juga ya mas.

Reply
avatar
14 Februari 2017 12.50 delete

Poin memperbanyak wawasannya bagus, biar para pengguna internet lebih banyak berpikir dan menyaring berita berdasarkan pengetahuan yang dibacanya.

Reply
avatar
14 Februari 2017 23.28 delete

biasa nemu hoax di fesbuk. Dulu aku kejam. Kalo ada temen suka nyebar2 hoax ato rasis aku langsung unfriend , soale aku takut ketularan negatifnya. Hejehe

Reply
avatar
15 Februari 2017 22.28 delete

"komunitas melawan hoax", sudah ada komunitasnya ya.

Reply
avatar
20 Februari 2017 07.59 delete

Bahahahaha cara instan, boleh juga

Reply
avatar
21 Februari 2017 08.12 delete

Perbanyak baca! Iya, makanya kalo BW dibaca, jgn cm scroll ke kolom komentar. Kayak siapaaa gitu~ :D

Reply
avatar
19 Maret 2017 13.53 delete

Jadilah Blogger! hmmm... mantaaaapppp

Reply
avatar