Tips Mencari Transportasi Terbaik dari Bandara Soekarno-Hatta

4/25/2019
Tips Mencari Transportasi Terbaik dari Bandara Soekarno-Hatta

Mencari transportasi dari Bandara Soekarno-Hatta adalah sebuah tantangan tersendiri. Transportasi dari bandara tidak hanya dilihat dari harga yang sekedar murah, tetapi juga ada faktor lain seperti ketepatan waktu yang pasti juga menjadi pilihan bagi calon pengguna moda transportasi tersebut. 

Bandara besar seperti Soekarno-Hatta memang diperuntukan untuk publik. Tetapi ada beberapa regulasi yang mengharuskan usaha moda transportasi wajib mematuhi peraturan yang ada sehingga pilihan moda transportasi bagi publik semakin mengerucut. Tentunya setiap pilihan moda transportasi yang ditawarkan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut adalah beberapa moda transportasi yang dapat digunakan dari Bandara Soekarno-Hatta. Moda transportasi tersebut ada yang murah, ada yang mahal, ada yang fasilitasnya minim, ada yang fasilitasnya banyak dan lain sebagainya. Silakan kalian pertimbangkan tips mencari moda transportasi dari saya ini.

Transportasi Online 

Ini adalah moda transportasi ter-fair soal tarif menurut saya, karena moda transportasi ini tarifnya berdasarkan jarak yang ingin ditempuh. Kalian bisa menggunakan transportasi online roda dua maupun roda empat. Tetapi dalam prakteknya, moda transportasi ini harus kucing-kucingan dengan petugas keamanan bandara karena transportasi online belum sepenuhnya mendapatkan ijin untuk beroperasi.

Terkadang calon penumpang harus keluar dari bandara terlebih dahulu agar bisa bertemu dengan driver transportasi online. Tentu saja ini sangat merepotkan apabila calon penumpang saat itu membawa barang bawaan yang lumayan banyak. Belum lagi bila kondisi cuaca yang tidak bersahabat.

Taksi Bandara 

Ini adalah moda transportasi resmi dari bandara. Ada beberapa perusahaan moda transportasi yang bisa dipilih. Moda transportasi ini adalah yang paling mudah untuk dicari. Setelah keluar dari gate, kamu akan langsung ditawari untuk menggunakan moda transportasi ini. Kamu boleh saja memakai jasa moda transportasi ini. Tentunya dengan sebuah catatan. Siapkan budget yang lumayan karena rata-rata tarif taksi bandara lebih mahal daripada moda transportasi yang lain.

Kereta Bandara 

Ini adalah moda transportasi dengan tarif tetap. Update terakhir soal tarif menggunakan moda transportasi ini adalah Rp75.000 sekali jalan. Kereta bandara terbilang baru dan pelayanannya sangat nyaman. Kekurangan dari moda transportasi ini adalah lokasi tujuan yang terbatas karena hanya berdasarkan jalur kereta yang dilewati. Bila tujuanmu ada di sekitar jalur kereta maka gunakanlah moda transportasi ini. Tetapi perlu diperhitungkan juga soal jarak, karena kalau jarak tidak terlalu jauh, membayar Rp75.000 tentu juga lumayan mahal.

Shuttle Bandara

Nah, yang terakhir ini bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan. Karena sebuah moda transportasi bernama shuttle ini punya rata-rata penumpang yang banyak setiap armadanya. Maka rata-rata tarif yang ditawarkan cukup terjangkau. Apalagi shuttle sudah mulai menjamur di bandara Soekarno-Hatta. Waktu berangkat yang ditawarkan pun cukup variatif dan sudah dapat menjangkau kebutuhan calon pengguna moda transportasi.

Salah satu shuttle yang saya sarankan adalah XTrans Bandara Soekarno-Hatta. Xtrans ini adalah salah satu perusahaan shuttle yang beroperasi sejak tahun 2005 dan tercatat menjadi pelopor atau porusahaan yang pertama kali memperkenalkan layanan "Point to point (shuttle)". Kelebihan dari Xtrans ini tentu saja sudah sangat berpengalaman karena hampir 14 tahun melayani para penumpang pesawat yang ingin menggunakan moda transportasi terbaik menuju tujuan manapun di ibukota Jakarta.

Kelebihan lain dari XTrans adalah fasilitas privat yakni armada dapat menunggu calon penumpang apabila pesawat yang ditumpangi mengalami delay atau keterlambatan. Caranya adalah. XTrans selalu mencarikan armada yang sesuai dengan waktu pesawat sampai di bandara Soekarno-Hatta. Tentu saja pilihan ini memudahkan kita mengatur jadwal perjalanan kita.

***

Nah, itulah tips mencari transportasi terbaik dari bandara Soekarno-Hatta dari saya. Silakan kalian coba yang sesuai denganmu.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »