Membandingkan Platform Blogger dan WordPress Sebelum Memulai Blogging

10/11/2019
Membandingkan Platform Blogger dan WordPress Sebelum Memulai Blogging

Blog saya ini menggunakan platform Blogger. Walaupun saya sudah nyaman dengan kepraktisan platform Blogger untuk menuliskan ide yang hadir di kepala. Selalu terbesit dalam pikiran tentang sebuah keinginan untuk menjajal pula platform blogging lain khususnya dari WordPress yang memiliki fasilitas lebih komplit dari platform Blogger.

Sebagai seorang content creator, terus berkembang adalah hal yang wajib dilakukan. Saya sendiri kemudian memutuskan untuk membuat blog lain menggunakan platform WordPress. Tentu saja saya masih tetap mempertahankan blog ardiankusuma.com dengan platform Blogger-nya, karena blog ini sudah memiliki page views yang bisa dibilang lumayan bagi seorang blogger.

Sebelum memutuskan untuk menjajal platform WordPress, kita perlu membandingkan beberapa penyedia jasa web hosting yang cocok agar tidak salah membeli layanan. Karena, menggunakan platform WordPress berarti kita harus siap mengeluarkan anggaran yang lebih banyak daripada platform Blogger. Kita harus membeli hosting sendiri dengan kapasitas yang wajib kita mengerti penggunaannya.

PLATFORM BLOGGER

Berbicara Blogging, orang akan langsung tertuju dengan situs Blogger.com. Nama situs platform blogging paling populer milik Google tersebut memang akan langsung tertancap di kepala, karena dari namanya saja sudah sangat pas dengan kegiatan tulis-menulis di dunia maya ini.

Membuat blog dengan platform Blogger sangat mudah. Apalagi saat ini rata-rata orang memiliki akun Google karena menggunakan Android sebagai gawainya. Pengguna akun Google cukup mengklik daftar pada tawaran pilihan layanan Blogger di akun Google masing-masing. Selanjutnya pengguna hanya akan diminta memilih username untuk nama blog. Dan selesai, kita langsung memiliki blog.

Platform Blogger juga semakin populer di kalangan blogger karena memiliki pilihan pengalihan domain. Dengan pilihan pengaturan tersebut kita bisa membeli dan menggunakan domain yang kemudian dialihkan ke username Blogger milik kita. Contohnya ya ardiankusuma.com ini. Untuk kelebihan dan kekurangan platform Blogger secara garis besar adalah seperti dibawah ini:

Kelebihan:
  • Mudah Digunakan
  • Cocok untuk Pemula yang Ingin Memulai Ngeblog
  • Bisa Menggunakan Domain 
  • Kapasitas Ruang yang Tidak Terbatas (Karena Google)
  • Bandwidth yang Tidak Terbatas (Karena Google)
Kekurangan:
  • Fitur Terbatas
  • Pilihan Pengaturan Terbatas
  • Hanya Sedikit Tema Blog yang Ditawarkan
  • Email Tidak Bisa Mengikuti Domain
  • Tidak Bisa Sub-Domain
  • Sering Terjadi Perubahan HTML yang Mempengaruhi Tema

PLATFORM WORDPRESS

Platform WordPress adalah saingan terberat dari platform Blogger. Bagaimana tidak, platform ini memiliki pilihan pengaturan yang sangat banyak. Saking banyaknya pilihan pengaturan dan layanan yang ditawarkan, platform WordPress banyak digunakan tidak hanya sebagai blog namun juga sebagai website. Beberapa perusahaan terkemuka bahkan terang-terangan mengatakan menggunakan platform WordPress sebagai website perusahaan.

Karena lebih lengkap maka menggunakan platform WordPress jauh lebih rumit daripada menggunakan platform Blogger. Selain itu, biaya yang dikeluarkan lebih banyak karena kita wajib memiliki hosting dengan kapasitas tertentu agar instalasi WordPress bisa berjalan dengan baik. Secara garis besar, di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari platform WordPress.

Kelebihan:
  • Layanan yang Lebih Komplit
  • Pilihan Tema yang Tidak Terbatas
  • Terlihat Profesional
  • Bisa Menggunakan Email dengan Nama Domain
  • Bisa Menggunakan Sub-Domain
Kekurangan:
  • Harus Mengeluarkan Anggaran untuk Hosting
  • Kapasitas yang Terbatas
  • Pengaturan yang Lebih Rumit

KESIMPULAN

Baik platform Blogger maupun platform WordPress, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Walaupun sudah nyaman dengan platform Blogger, paling tidak sekali saja kamu harus mencoba platform WordPress agar tahu perkembangan dunia per-blogger-an. Kamu tidak harus secara langsung hijrah dari Blogger ke Wordpress, namun bisa menjadikannya blog kedua. Kalau blog WordPress terbaru saya sendiri adalah KOPI.web.id, silahkan coba membukanya.

Dan bila masih bingung untuk beli paket domain dan hosting dimana. Kamu dapat menggunakan DomaiNesia, penyedia web hosting paling cocok untuk pemula. DomaiNesia memiliki paket domain plus hosting yang sangat terjangkau sehingga tidak memberatkan anggaran. Kalau merasa sudah cukup advance untuk menggunakan WordPress, DomaiNesia juga memiliki paket khusus WordPress.

Membandingkan Platform Blogger dan WordPress Sebelum Memulai Blogging

Membandingkan Platform Blogger dan WordPress Sebelum Memulai Blogging

Paket khusus WordPress ini di dedikasikan khusus kepada konsumen yang ingin langsung menggunakan WordPress sebagai website/blognya. Kelebihannya adalah paket ini memberikan layanan yang lebih optimal seperti hosting yang lebih banyak dan lebih cepat. Atau kamu ingin hosting yang lebih mewah, kamu bisa mencoba VPS.

Cloud VPS adalah server virtual yang memiliki proses secara dedicated. Berbeda dengan Shared Hosting, Cloud VPS memberikan sebuah tempat khusus untuk menginstall aplikasi dan menggunakan semua resource Cloud VPS sendiri (tidak berbagi dengan pengguna lainnya). Penggunaan teknologi SSD Cloud Server menjadikan VPS DomaiNesia sebagai alternatif pilihan yang lebih baik.

Ingin beli VPS murah DomaiNesia? Langsung menuju situsnya.

Membandingkan Platform Blogger dan WordPress Sebelum Memulai Blogging


Share this

Content Creator, Fujifilm X-Series Enthusiast, Founder @nyetritbareng Indonesia, Iseng Motret di @purapurangopi

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »