Tips Bervakansi dengan Santai di Jogja

10/14/2019
Tips Bervakansi dengan Santai di Jogja

Jogja adalah primadona untuk urusan vakansi melepas kepenatan dan menumbuhkan kenangan. Ke Jogja adalah cara untuk menertawakan kesibukan Ibukota atau tempat kerja. Sejenak atau lama, Jogja selalu menanti kehadiranmu untuk singgah disana. Ada banyak tempat vakansi di Jogja yang bisa dikunjungi. Semuanya bisa di jelajahi dengan santai, bila waktumu lama.

Bila waktu yang dipunya agak lama, sebagai orang Jogja saya lebih menyarankan untuk bervakansi secara santai di Jogja. Santai disini adalah bebas menikmati segala sudut Jogja tanpa harus dikejar itinerary yang terkadang justru mencekik dan membuat segalanya terburu waktu. Tentu, tidak banyak orang yang bisa memiliki kesempatan untuk berlama-lama di Jogja. Namun bila kamu memiliki kesempatan itu, inilah tips bervakansi dengan santai di Jogja:

SEWA MOBIL

Jogja sedang panas-panasnya di bulan ini. Berita buruknya, beberapa minggu ke depan Jogja juga masuk musim penghujan. Untuk itu, menggunakan transportasi roda empat adalah pilihan terbaik. Kenapa roda empat? Karena kita bisa terhindar dari panasnya terik matahari dan basahnya air hujan. Ada banyak rental mobil di Jogja, kamu bisa cek rental mobil lepas kunci syarat mudah Jogja di internet.

Ada banyak jenis dan tipe mobil yang bisa disewa mulai mobil standar seperti Toyota Avanza atau Daihatsu Zenia hingga Toyota Fortuner, bahkan rental mobil di Jogja juga sudah menyediakan tipe mini bus seperti ELF atau Toyota Hiace yang memiliki kapasitas penumpang lebih dari 10 orang. Bila berombongan tentu ini sangat menghemat sekali.

Kekurangan menggunakan mobil hanya bila kita bervakansi di daerah yang susah aksesnya. Namun tenang saja, tempat vakansi di Jogja rata-rata sudah memiliki jalur kendaraan yang baik dan mudah dilewati dengan moda transportasi apapun. Bila memang menemukan tempat vakansi yang akhirnya susah dilewati, keramahan warga sekitar siap membantu.

SEWA MOTOR

Pilihan lain untuk menikmati Jogja secara santai adalah dengan transportasi roda dua. Memang tidak senyaman menggunakan mobil. Namun dengan transportasi motor, perjalanan ke tempat vakansi akan jauh lebih cepat karena bisa menghindari kemacetan. Dan dengan motor kita dapat menuju tempat vakansi apapun, walaupun akses sulit. 

Tips Bervakansi dengan Santai di Jogja

Di Jogja persewaan motor sudah menyediakan berbagai tipe kendaraan. Contohnya adalah motor trail yang bisa digunakan untuk segala medan atau paling umum motor matic dengan kenyamanannya dalam membawa barang. Saya sendiri memilih motor matic bila ingin menjelajahi tempat vakansi di Jogja. Motor matic dapat membawa barang jauh lebih banyak.

Dengan dapat membawa barang lebih banyak, badan akan lebih santai santai saat berkendara. Apalagi motor matic yang kita sewa itu tipe touring seperti Yamaha N-Max atau Honda PCX, maka perjalanan ke tempat-tempat vakansi seperti pantai Gunungkidul yang jalannya berkelok naik turun akan menjadi sangat nyaman.

TRANSPORTASI UMUM

Di Jogja otomatis hanya Trans Jogja, transportasi umum yang memiliki jalur terpadu yang bisa diperkirakan waktunya. Menggunakan transportasi umum seperti bus bisa menjadi pilihan untuk menambah kesantaian kita bervakansi di Jogja. Dengan tranportasi umum kita bisa lebih dekat dengan masyarakat Jogja yang terkenal ramah.

Selain bus Trans Jogja, ada beberapa bus yang masih beroperasi di Jogja. Ada juga Andong dan Becak untuk transportasi jarak dekat yang sensasinya perlu kamu coba. Bila mentok, ya kamu bisa pula menggunakan moda transportasi online baik roda dua ataupun roda empat. 

Tak perlu khawatir menggunakan transportasi umum di Jogja. Jogja termasuk kota dengan transportasi umum yang nyaman. Tidak banyak kasus kriminal terjadi di moda transportasi umum Jogja.

BERJALAN KAKI

Tips bervakansi secara sangat santai adalah dengan berjalan kaki. Dengan catatan, vakansi dilakukan di sekitar kota Jogja saja. Mengingat, tempat vakansi di Jogja selalu memiliki jarak yang lumayan jauh. Kecuali di kota, tempat vakansi begitu berdekatan. Kota memiliki keunggulan vakansi belanja dan vakansi menikmati tempat-tempat heritage.

Berjalan kaki di Jogja mulai menemukan rasa nyaman karena pemerintah juga mulai memikirkan jalur pedestrian yang baik. Bahkan, kawasan favorit seperti Malioboro dan Tugu mulai dibenahi jalur pedestriannya. Trotoar diperlebar dan diberi kursi-kursi untuk istirahat sejenak sembari menikmati orang berlalu-lalang.

Nah, itulah tips bervakansi dengan santai di Jogja. Ayo cobalah bervakansi di Jogja bila waktu (cutimu) lama.

Share this

Content Creator, Fujifilm X-Series Enthusiast, Founder @nyetritbareng Indonesia, Iseng Motret di @purapurangopi

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
16 Oktober 2019 22.09 delete

Jogja.... tempat hatiku berlabuh. Tempat seni dan kriya menikah dan beranak pinak. Tempat yang menawarkan banyak destinasi wisata indah.
Kangen banget pada Jogja

Reply
avatar
17 Oktober 2019 08.48 delete

Sekali ke Jogja entah kenapa ingin datang lagi, wah ternyata banyak ya pilihan transportasi untuk explore Jogja

Reply
avatar