5 Cara Sederhana Meningkatkan Traffic ke Website

11/06/2019
5 Cara Sederhana Meningkatkan Traffic ke Website

Sebagai seorang blogger, tentu ingin artikel blog memiliki traffic yang tinggi. Dengan traffic yang tinggi, tulisan milik kita akan semakin dikenal oleh pembaca secara luas. Semakin dikenal pembaca, membuat kita sebagai seorang blogger pastinya akan lebih dipercaya oleh agensi dalam mengerjakan pekerjaan digital marketing atau mereview sebuah produk.

Namun memiliki traffic tinggi itu membutuhkan proses yang tidak mudah. Butuh banyak waktu dan cara yang harus kita lakukan agar artikel yang diterbitkan disukai dan sering dikunjungi oleh pembaca. Walaupun membutuhkan proses yang panjang dan berbagai cara yang bisa dibilang rumit. Ternyata ada beberapa cara sederhana yang bisa kita coba untuk meningkatkan traffic ke blog atau website.

Cara-cara sederhana ini tidak membutuhkan kerumitan tinggi sehingga kita tetap bisa ngeblog dengan nyaman seperti biasanya. Namun perlu diingat, cara-cara sederhana ini membutuhkan konsistensi selama prosesnya, tidak hanya instant saja. Nah berikut adalah 5 cara sederhana untuk meningkatkan traffic ke blog atau website.

1. Tulis Artikel Panjang

Seperti yang saya bilang, cara sederhana yang akan saya utarakan membutuhkan konsistensi. Nah, cara sederhana pertama yang sangat mudah untuk meningkatkan traffic blog adalah dengan menulis artikel yang panjang. Berapa panjang artikelnya? Ada yang bilang minimal 800 kata, ada yang bilang minimal 1000 kata, bahkan ada menyarankan minimal 2000 kata.

Kita bisa mulai bertahap memberikan batasan minimal artikel yang rutin kita tulis. Jangan langsung menulis artikel yang sangat panjang, karena menulis panjang itu juga membutuhkan pemikiran yang tidak sebentar. Nah, misalkan kalau biasanya kita hanya menulis 500 kata, maka artikel selanjutnya wajib minimal diatasnya, contohnya: menulis minimal 800 kata.

Batasan minimal ini wajib konsisten, jangan berkurang. Kalau lebih malah lebih baik. Namun saran saya pelan-pelan saja dalam menaikkan batasan minimal kata di artikel blog atau website kita. Google lebih menyukai artikel yang panjang. Karena artikel yang panjang tentu memuat informasi suatu produk atau apapun dengan detail. Kenapa lebih detail, karena menulis artikel yang panjang secara tidak sadar kita harus mengisi artikel tersebut dengan informasi sebanyak-banyaknya.

2. Berikan Gambar Pendukung

Artikel dengan gambar pendukung yang apik akan semakin memudahkan pembaca. Gambar pendukung yang juga disertai dengan keterangan yang jelas juga akan memudahkan gambar tersebut muncul di pencarian Google.

Salah satu tips tentang gambar pendukung ini adalah berikan gambar pendukung dengan sudut pengambilan yang menarik dan berbeda dengan gambar-gambar lainnya bila sesuatu yang kita tulis di artikel tersebut sudah juga di tulis oleh orang lain. Bila sesuatu yang kita tulis ini belum ditulis oleh orang lain. Maka berikan gambar pendukung dengan jumlah yang lumayan banyak.

Selain gambar pendukung, agar tampak lebih menarik pada artikel bisa juga di sisipkan infografik atau gambar ilustrasi agar semakin memudahkan pembaca untuk memahami maksud artikel yang kita tulis.

3. Berikan Internal Link

Bila kita sudah memiliki banyak artikel. Dan suatu saat kita menulis artikel yang masih berhubungan dengan artikel kita sebelumnya, maka kita bisa memasukan internal link yang mengarah kembali ke artikel lama milik kita.

Internal link berguna untuk menambah traffic ke artikel lama selama artikel lama tersebut masih berhubungan. Paling umum, internal link yang bisa dimasukan adalah lokasi, seperti kota atau daerah. Lebih baik lagi bila kita memiliki niche tertentu maka memasukan internal link semakin mudah dalam pemilihan.

Hindari pemilihan internal link yang tidak nyambung. Walaupun tetap akan meningkatkan traffic pada artikel lama, namun tentu akan membuat pembaca kapok untuk mengklik internal link yang diberikan. Untuk amannya, internal link bisa dibuat tulisan judul artikel lama secara lengkap, namun kekurangannya pembaca lebih jarang untuk mengklik internal link dengan tulisan judul lengkap tersebut karena sudah tahu apa yang ingin kita tunjukan.

4. Sering Bagikan Artikel

Bangga dengan artikel yang kita tulis dengan membagikannya di sosial media. Namun jangan terlalu sering, karena pasti akan membuat bosan teman-teman sosial media kita. Jangan pula juga membagikan link artikel tanpa tulisan pengantar. Berikan sedikit kisi-kisi artikel dalam postingan artikel yang kita bagi.

Bila ingin lebih serius dalam membagikan link artikel maka ikutilah grup yang secara khusus melakukan kegiatan sharing artikel. Ada banyak grup dan media yang membantu membagikan artikel milik kita. Untuk artikel di blog, pastikan template blog memiliki tombol share yang lengkap di bawah artikel atau tempat lainnya yang strategis. Bila konten artikel kita menarik, tentu pembaca akan membagikannya di sosial media mereka. Tentu ini akan sangat membantuk menaikkan traffic blog atau website milik kita.

5. Tingkatkan Kecepatan

Cara sederhana terakhir untuk meningkatkan traffic ke blog atau website adalah dengan meningkatkan kecepatan loading saat membuka artikel. Pemilihan template blog atau website yang tepat menjadi kuncinya. Pilihlah template yang SEO friendly sehingga artikel mudah terindeks oleh Google.

Selain itu, pilih juga hosting yang tepat. Karena hosting yang tepat akan melancarkan kinerja blog atau website yang kita miliki. Untuk hosting, beberapa penyedia jasa web hosting Indonesia juga sudah mulai menyediakan hosting khusus untuk kegiatan blogging seperti Qwords.

***

Meningkatkan traffic ke blog atau website memang membutuhkan usaha yang konsisten dan tidak instant bila kita belum berpengalaman. Namun, semua cara tersebut bisa kita lakukan dengan sederhana. Cobalah 5 cara sederhana meningkatkan traffic ke blog atau website diatas.

Share this

Content Creator, Fujifilm X-Series Enthusiast, Founder @nyetritbareng Indonesia, Iseng Motret di @purapurangopi

Related Posts

Previous
Next Post »