Sup Ikan Tuna Mas "An: Kuliner Berbagai Olahan Tuna di Jogja

9/26/2020
Sup Ikan Tuna Mas "An: Kuliner Berbagai Olahan Tuna di Jogja

Ikan Tuna adalah salah satu ikan dengan manfaat yang sangat beragam. Mengonsumsi ikan tuna bisa menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, menyehatkan mata dan lain-lain. Ikan tuna juga populer diberikan ke anak usia dini karena terbukti dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Manfaat ikan tuna yang beragam dan tentunya sangat baik bagi tumbuh kembang anak membuat harga ikan tuna cukup mahal di pasaran. Di Jogja sendiri hanya sedikit supermarket yang menyediakan ikan tuna berkualitas. Saya bila ingin mengonsumsi ikan tuna harus mencarinya di supermarket tertentu karena begitu langkanya ikan tuna berkualitas di Jogja.

Untuk restoran yang menyediakan ikan tuna kebanyakan adalah hotel. Sejauh ini saya belum pernah menemukan restoran atau warung makan yang khusus menyediakan ikan tuna. Baru kemudian sepekan yang lalu saya menemukan sebuah warung makan dengan konsep rumahan menyediakan berbagai olahan ikan tuna di Jogja. 

Warung makan ini bernama Sup Ikan Tuna Mas ''An. Walaupun nama restorannya Sup Ikan, namun di warung makan ini kamu dapat menyantap berbagai olahan ikan tuna yang sangat sedap. Selain menu makanan yang sedap, lokasi warung makan ini berada strategis di sebuah Joglo pinggir sawah yang sejuk. Di sekitar warung makan Sup Ikan Mas ''An juga terdapat berbagai destinasi wisata menarik seperti Lava Bantal, Candi Abang, Candi Kalasan dan lain sebagainya sehingga pas untuk pemberhentian selepas berwisata di sekitar sana.

Sup Ikan Tuna Mas "An: Kuliner Berbagai Olahan Tuna di Jogja

Saat datang ke warung Sup Ikan Mas ''An saat jam makan siang. Kondisi saat itu tengah ramai karena sedang ada acara. Namun tak mengurangi kenikmatan menyantap olahan ikan tuna dari Chef Aan, yang sekaligus menjadi owner dan menjadi nama warung miliknya tersebut. Mas Aan ini adalah seorang fisherman atau pemancing. Beliau sudah berpengalaman dalam hal perikanan. Bahkan beliau sendiri punya usaha penjualan berbagai jenis ikan yang di ekspor hingga luar negeri.

Ikan Tuna menarik menurut mas Aan. Pernah suatu kali dia pergi memancing dan menangkap seekor ikan tuna. Dia cukup memberikan kecap dan garam, ikan tuna sudah enak untuk dikonsumsi. 

Di warung Sup Ikan Tuna Mas "An saya memesan signature dish-nya yakni Sup Tuna Nasihat Ibu. Sup Tuna Nasihat Ibu ini adalah sup dengan citarasa gurih. Potongan ikan tuna di sup ini sangat memuaskan. Saya senang dengan sup ini karena rasanya sangat gurih walaupun dibuat tanpa MSG. Aromanya juga merasuk saat kita menyeruput kuah dari sup ikan tuna ini.

Sup Ikan Tuna Mas "An: Kuliner Berbagai Olahan Tuna di Jogja

Pilihan menu kedua yang saya pesan adalah Tuna Jebres. Tuna Jebres ini adalah Tuna dengan taburan saus rica-rica. Aroma gorengan Tuna Jebres ini saya akui sangat menggoda selera apalagi kalau pas lapar melanda. Dengan saus rica-rica yang disebar diatas potongan tuna, menggigit potongan Tuna Jebres membuatnya meledak di mulut saat menyantapnya. Rasa saus rica-ricanya nggak kaleng-kaleng. Sangat bertingkat bumbunya. Manis diawal dan ada rasa pedas di akhirnya.

Sup Ikan Tuna Mas "An: Kuliner Berbagai Olahan Tuna di Jogja

Menu ketiga yang saya coba adalah Tuna Brekecek Omongan Tetangga. Olahan brekecek ini menurut sang owner berasal dari daerah pesisir dekat dengan Cilacap dan sekitarnya. Nama brekecek sendiri adalah nama suara luapan kuah yang mendidih kalau orang sana bilang. Tuna Brekecek ini lebih mirip mangut, kuahnya kuning namun menjadi berbeda karena memakai kemangi. Saya jadi ingat olahan garang asem bila melihat menu berkuah dengan kemangi ini.

Sup Ikan Tuna Mas "An: Kuliner Berbagai Olahan Tuna di Jogja

Namun lidah saya terkejut saat menyantap Tuna Brekecek Omongan Tetangga ini. Olahan ini sama sekali berbeda dengan mangut ataupun garang asem. Kuahnya unik, bisa dibilang gabungan dari dua varian olahan yang saya sebutkan tadi. Kata ''Omongan Tetangga'' ternyata memiliki arti saat saya menyantapnya. Omongan Tetangga berarti pedas yang susah hilang. Penyuka pedas wajib coba menu ini.

Dari ketiga menu yang saya pesan. Saya paling cocok dengan Tuna Jebres-nya. Aroma tunanya sangat bikin kangen untuk kembali lagi. Tapi saya juga tentu memikirkan Sup Tunanya dengan kuah yang gurih. Misalkan Jogja masuk musim hujan, tentu Sup Ikan Nasihat Ibu ini dapat menjadi obat untuk menghangatkan tubuh. 

Selain ketiga menu tadi, masih ada beberapa menu yang membuat saya penasaran seperti Tuna Bakar dan beberapa menu Nasi Goreng. Di Jogja, saya juga sangat jarang menemui menu nasi goreng tuna. Di warung makan Sup Ikan Tuna Mas ''An ini begitu komplit sekali soal menu olahan tunanya.

Sup Ikan Tuna Mas "An: Kuliner Berbagai Olahan Tuna di Jogja

Sup Ikan Tuna Mas "An: Kuliner Berbagai Olahan Tuna di Jogja

Menu olahan tuna di warung Sup Ikan Tuna Mas ''An dihargai mulai Rp15.000 saja. Menu-menu tuna seperti yang saya pesan hanya Rpp17.000 saja. Sangat kelewat murah sekali hidangan tuna di warung ini. Apalagi olahannya dipegang langsung oleh orang yang benar-benar mengerti betul dengan perikanan khususnya tuna.

Bila kamu ingin mencobanya, saya lampirkan peta lokasi di akhir artikel ini. Segera cobalah Sup Ikan Tuna Mas ''An agar tidak hanya kuliner yang itu-itu saja, apalagi jarang olahan tuna ada di Jogja.


SUP IKAN TUNA MAS ''AN

Jebresan, Kalitirto, Berbah, Sleman

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar

Add your comment EmoticonEmoticon