Tips Siapkan Diri Menghadapi Gelombang Omicron

2/25/2022
Tips Siapkan Diri Menghadapi Gelombang Omicron

Sebagian daerah di Indonesia sudah dinyatakan masuk PPKM Level 3, termasuk Yogyakarta. Kota tempat tinggal saya sendiri. Dengan status PPKM Level 3 maka daerah tersebut sedang diupayakan oleh pemerintah pusat agar penyebaran virus Covid-19 yang kini telah ada varian baru bernama Omicron tidak menyebar secara masif.

Omicron diketahui memiliki tingkat penyebaran yang cepat. Selain penyebaran yang cepat, gejala Omicron hanya seperti flu biasa sehingga kita sulit membedakan orang yang terjangkit varian virus tersebut kecuali bila di tes menggunakan metode swab antigen atau PCR. Tentu bila gejalanya mirip flu, saat ini yang masih masuk musim penghujan membuat kita harus lebih waspada dan harus tetap fit.

Untuk siap menghadapi gelombang Omicron yang gejalanya mirip flu kita harus selalu fit. Untuk selalu fit di musim penghujan seperti ini saya memiliki beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut tips siapkan diri menghadapi gelombang Omicron.

1. Rajin Berolahraga

Luangkan waktu di pagi atau sore hari untuk berolahraga. Namun, bila sempat memang pagi hari adalah waktu yang paling cocok karena asupan vitamin D sangat bagus untuk menangkal virus yang mungkin saja sudah hinggap di badan kita. Tidak harus berat, cukup keliling komplek perumahan sekitar misalnya.

2. Makan Bergizi

Walaupun kebutuhan bahan pokok sedang naik namun jangan sampai kita makan dengan sembarangan. Perbanyak protein seperti ikan yang masih bisa terjangkau di pasar. Dan jangan lupa untuk konsumsi buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C. Vitamin C sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Bepergian Saat Diperlukan

Berpergian hanya saat diperlukan, misalnya hanya saat berangkat dan pulang kerja atau memenuhi kebutuhan harian. Untuk sementara menghindari tempat yang mungkin saja menimbulkan keramaian. Dan saat musim penghujan seperti ini, walaupun kita memiliki jas hujan jika kendaraan kita bermotor, namun alangkah baiknya hindari untuk berhujan-hujanan dijalan. Mending telat berangkat atau pulang kerja daripada menggigil kedinginan di jalan. Kalau saat kehujanan tidak fit, bisa saja flu menyerang kita.

4. Sempatkan Untuk Cek Kesehatan

Bila memungkinkan, sempatkan untuk cek kesehatan minimal sebulan sekali. Dan bila ingin lebih mawas diri dari bahaya virus Covid-19 apalagi varian Delta maupun Omicron, sebulan sekali pula kita dapat melakukan tes Swab atau PCR. Hal tersebut untuk antisipasi agar kesehatan kita tetap terjamin.

Lalu Bagaimana Bila Kita atau Orang Terdekat Terkonfirmasi Covid-19?

Bila itu terjadi hal yang harus kita lakukan adalah isolasi mandiri selama waktu yang disarankan oleh petugas kesehatan yang kita lapori. Bila hanya terjadi gejala-gejala ringan, lebih baik kita melakukan perawatan di rumah agar rumah sakit dapat digunakan oleh orang yang lebih membutuhkan perawatan medis.

Dan siapkan pula obat serta vitamin yang mendukung isolasi mandiri kita. Walaupun nantinya dari pihak pusat kesehatan atau rumah sakit akan mengirimkan obat-obatan namun memiliki cadangan sangat disarankan.

Karena bila terkonfirmasi Covid-19 atau kontak erat dengan pasien Covid-19 sekarang tidak memerlukan PCR setelah isolasi mandiri maka jika memungkinkan kita dapat melakukan PCR secara mandiri atau paling tidak perketan prokes setelah isolasi mandiri selesai agar virus yang tersisa di tubuh benar-benar sudah hilang.

Nah, itulah tips siapkan diri menghadapi gelombang Omicron versi saya. Walaupun tipsnya umum, namun tidak ada salahnya saya mengingatkan.

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

Add your comment EmoticonEmoticon