Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Bersepeda Jarak Jauh?

3/30/2022
Apa Saja yang Perlu Dibawa Saat Bersepeda Jarak Jauh?

Bersepeda dengan jarak yang jauh tidak cukup dengan modal sepeda saja. Ada hal-hal yang perlu disiapkan dan tentunya dibawa untuk menunjang keasikan bersepeda jarak jauh. Jarak jauh yang saya maksud disini adalah bersepeda dengan jarak minimal medio fondo atau 75 kilometer, ya syukur bisa gran fondo yakni di kisaran 100-125 kilometer biar bisa dipamerin ke teman-teman setongkrongan sepeda.

Bersepeda jarak jauh membutuhkan kesiapan yang matang dan latihan yang disiplin. Apalagi kalau dilakukan dengan solo riding atau bersepeda sendiri. Karena, bersepeda sendiri biasanya lebih efektif soal waktu atau durasi bersepeda. Kita jadi bisa mengatur ritme waktu sendiri tanpa perlu memperhatikan teman dan bisa pulang lebih cepat. 

Dalam bersepeda jarak jauh paling tidak ada beberapa hal yang perlu dibawa. Bisa dibawa dengan ditaruh di kantong jersey belakang bila kita menggunakan jersey balap. Atau tas kecil yang biasanya ditaruh di sadel, frame atau handlebar. Nah, apa saja yang perlu dibawa saat bersepeda jarak jauh? Ini dia:

1. Tool Kit

Tool Kit sangat penting untuk dibawa agar bila terjadi kerusakan kecil dijalan bisa langsung ditangani. Tool Kit tidak perlu lengkap dibawa. Cukup bawa tool kit yang sering digunakan atau tool kit yang penting-penting saja seperti kunci L dengan ukuran tertentu dan paling tidak obeng kecil.

2. Ban Dalam dan Alat Tambal

Ban Dalam dan Alat Tambal perlu dibawa. Kita tidak tahu tragedi bocor akan terjadi kapan dan dimana. Parahnya apabila terjadi saat jauh dari manapun, tentu sangat merepotkan. Dengan membawa ban dalam dan alat tambal tentu kita juga perlu memiliki skil mengganti ban dalam sendiri. Untungnya memang cara mengganti atau menambal ban sepeda tidak serumit mengganti ban kendaraan bermotor.

3. Pompa

Jika sudah membawa tool kit dan ban dalam serta alatnya, tentu pompa penting untuk dibawa. Bawalah pompa dengan ukuran kecil atau yang khusus untuk sepeda. Biasanya pompa tersebut cara penggunaannya menggunakan tangan saja sehingga mudah. Jangan lupa sesuaian pompa dengan lubang ban dalam yang digunakan.

4. Snack atau Suplemen Makanan

Bersepeda jarak jauh membutuhkan tenaga lebih. Tentu sebelum bersepeda kita pasti sudah menyiapkannya dengan mengkonsumsi makanan namun saat dijalan kita juga perlu siap untuk hal-hal yang tidak terduga. Bila cuaca terik atau angin yang bertiup kencang, maka tenaga akan cepat terkuras. Snack atau suplemen makanan sangat akan membantu sekali menopang tenaga kita agar bisa sampai di titik kilometer tertentu yang kita rencanakan untuk tempat istirahat. Contohnya, saya bersepeda jarak jauh menuju Surakarta agar bisa menikmati Sate Buntel disana yang lezat namun sampai Klaten sudah lemas, nah snack akan membantu sekali karena kalau kita berhenti untuk makan maka sampai tujuan sudah tidak berselera lagi.

5. Obat-obatan

Walaupun fisik kita kuat, obat-obatan perlu dibawa untuk berjaga dari yang tidak kita inginkan. Saya biasanya membawa paracetamol dan ibuprofen bila merasakan pusing yang hebat karena heat stroke dijalanan yang panas. Dan saya juga wajib membawa obat luka seperti Betadine untuk menjaga-jaga bila terjadi kecelakaan. Saya sendiri pernah mengalami kecelakaan saat menurun di turunan yang curam. Beberapa bagian tubuh saya lecet. Betadine sangat membantu sekali menutup luka-luka saya dan membantu mencegah infeksi luka sehingga beberapa hari setelah kecelakaan, saya bisa langsung bersepeda kembali. Saya merekomendasikan Betadine selalu dibawa karena sangat penting sekali. Kamu bisa melihat detail produknya melalui website https://betadine.co.id/

Nah, diatas adalah hal yang perlu dibawa saat bersepeda jarak jauh versi saya. Sudah siap bersepeda jarak jauh?

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

Add your comment EmoticonEmoticon