Cara Melindungi dan Peduli terhadap Lingkungan Alam

8/01/2022
Cara Melindungi dan Peduli terhadap Lingkungan Alam

Merasa tidak kalau cuaca hari ini dengan kemarin sering tidak tentu. Kemarin bisa saja suhu udara sangat panas, hari ini bisa saja turun hujan. Khusus untuk bulan ini, kalau malam menjelang hingga datangnya pagi saya merasa suhu udara sangat dingin. Padahal saya tinggal di tengah kota jauh dari pegunungan namun dinginnya sangat berasa sekali seperti sedang berada di lereng gunung. Perlu diketahui, efek pemanasan global tidak hanya cuaca yang bertambah panas. Namun bisa saja cuaca ekstrim seperti cuaca dingin yang tidak biasa.

Efek pemanasan global memang mulai sangat terasa. Apalagi jika berada di tempat yang sedikit memiliki tanaman perindang. Banyak perencanaan tata kota yang ngawur tanpa mengindahkan pohon perindang sebagai penyeimbang efek pemanasan global. Bagi daerah yang pohonnya ditebang tanpa aturan, tentu bencana alam siap melirik kapan saja.

Pohon memang point penting yang perlu dilestarikan. Hutan di Indonesia, khususnya di Kalimantan menjadi paru-paru dunia karena luasnya yang sangat luar biasa. Hutan Indonesia juga menyimpang keanekaragaman flora dan fauna sehingga sangat membanggakan posisi Indonesia di tingkat internasional. Hutan Indonesia menjadi penyeimbang alam karena posisinya mencegah bencana alam yang besar. Walaupun memang beberapa waktu ini ada beberapa kasus penebangan liar yang membuat luas hutan berkurang namun hutan di #IndonesiaBikinBangga dan masih sangat berjasa bagi kita semua. Memang, #HutanKitaSultan.

Kita perlu membuat tempat yang kita tinggali lestari seperti hutan. Agar efek pemanasan global tidak begitu terasa dan mungkin bisa saja berkurang. Caranya tentu dimulai dengan hal-hal kecil di lingkungan sekitar kita. Menurut saya ada beberapa cara melindungi dan peduli terhadap lingkungan alam. Inilah cara #UntukmuBumiku menurut saya:

1. Hemat Listrik dan Gunakan Sumber Energi dari Alam

Pasokan listrik tentu berasal dari hasil olahan bumi. Semakin lama stok listrik pasti akan berkurang. Untuk mencegah hal tersebut kita perlu menghemat listrik. Dengan menghemat listrik, limbah yang dihasilkan oleh produk kelistrikan juga akan berkurang. Kita bisa mulai juga untuk menggunakan sumber energi dari alam. Contohnya, dengan mendesain rumah yang memiliki sirkulasi udara yang lancar dan sumber pencahayaan yang baik.

2. Tanam Lebih Banyak Pohon dan Jaga Keberlanjutannya

Dengan menanam pohon di lingkungan rumah kita bisa membuat hutan mini versi kita. Tanam pohon yang memberi manfaat minimal perindang. Bila memungkinkan tanam juga tanaman yang memiliki manfaat lebih luas seperti untuk bahan makanan maupun obat-obatan.

3. Buanglah Sampah Pada Tempatnya dan Bersihkan Lingkungan

Sampah menjadi masalah penting apabila kita tidak mengelolanya dengan baik. Sampah yang menumpuk dan dimusnahkan dengan sembarangan akan menghasilkan zat yang berbahaya bagi alam. Kita perlu mengolah sampah dari rumah. Memisahkan sampah dengan tepat. Sampah di lingkungan sekitar juga perlu kita kontrol agar kondisi lingkungan sekitar tetap bersih.

4. Gunakan Produk Daur Ulang dan Manfaatkan Barang yang Masih Bisa Digunakan

Memanfaatkan barang bekas atau mendaur ulang juga merupakan bagian dari proses memilah sampah. Misalnya kita bisa gunakan produk bekas plastik seperti ember atau botol untuk membuat pot tanaman. Barang-barang yang masih bisa digunakan juga wajib kita simpan agar tidak banyak anggaran yang keluar. Meminimalisir pembelian barang juga meminimalisir produksi barang sehingga limbah produksi dari industri bisa ditekan.

5. Hemat Penggunaan Air dan Gunakan Air Hanya Bila Diperlukan

Air bersih juga seperti listrik. Mungkin saja di masa depan akan terjadi kelangkaan terhadap air bersih apabila kita tidak peduli terhadap lingkungan. Hutan Indonesia menjaga air agar selalu layak untuk dikonsumsi. Bagaimana dengan lingkungan perhotaan? Kita bisa menjaganya dengan menghemat penggunaan air dan hanya menggunakannya bila diperlukan.

Cara Melindungi dan Peduli terhadap Lingkungan Alam

Kelima cara melindungi dan peduli terhadap lingkungan alam diatas saya rasa cukup untuk menghadirkan "hutan" di lingkungan sekitar kita. Kita bisa membuat hutan mini menurut versi kita sendiri sehingga efek pemanasan global yang terasa mulai menghantui dapat ditekan bahkan diobati. Jika lingkungan kita sudah asri, kita bisa melanjutkan program besar dengan ikut melestarikan hutan. 

Sebagai inspirasi asik untuk memulai melestarikan lingkungan dan hutan kedepannya. Mari dengarkan lagu #DengarAlamBernyanyi oleh laelilmanino, Chicco Jerikho, HIVI! dan Sheila Dara Aisha. Lagu #TeamUpforImpact ini bisa didengarkan dimanapun melalui Spotify disini atau video Youtube dibawah.

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

Add your comment EmoticonEmoticon