X-TEN: Alternatif Oli Motor Matic yang Tahan Lama

12/15/2022
X-TEN: Alternatif Oli Motor Matic yang Tahan Lama

Dimana-mana sekarang motor matic menjadi pilihan untuk berkendara di jalanan. Motor matic dipilih karena kenyamanannya dalam berkendara dibandingkan motor bebek atau motor sport. Motor matic lebih mudah berakselerasi di jalanan dengan gesit dan cara penggunaanya pun relatif mudah sehingga difavoritkan banyak orang.

Namun kelemahan matic adalah tingkat konsumsi bahan bakar yang lebih boros daripada motor bebek. Walaupun tidak seboros motor sport, namun motor sport punya kelebihan tenaga yang lebih besar. Jadi matic ini ada di tengah-tengah antara motor bebek dan sport untuk tingkat konsumsi bahan bakar.

Ada cara yang disarankan pabrikan agar motor matic kita tetap irit atau mengkonsumsi bahan secara efisien yakni dengan rutin mengganti oli termasuk juga servis secara rutin. Namun bagi sebagian orang, mengganti oli motor di dealer servis resmi biasanya harus siap-siap menyiapkan dana lebih karena montir biasanya menyarankan untuk mengganti ini-itu.

Dan karena oli motor matic standar pabrikan/dealer biasanya hanya bertahan berapa ribu kilometer saja maka tentu ganti oli akan lebih sering dilakukan dengan jarak yang dekat. Saya yang tiap hari ke kantor pulang pergi dengan jarak kurang lebih 50 KM biasanya harus segera mengganti oli setiap 1,5-2 Bulan sekali karena oli motor matic yang digunakan hanya disarankan untuk penggunaan jarak 2000 KM.

Nah kalau sedang ingin mencoba berhemat. Ada satu merk oli motor matic yang bisa dipakai sebagai alternatif. Merk oli motor matic tersebut adalah X-TEN dari Planet Ban. Oli motor X-Ten ini di klaim mampu bertahan 2x lebih lama daripada oli motor dari pabrikan dealer yang standar itu. Untuk harganya juga relatif lebih murah sehingga sangat menarik untuk dicoba.

Saya pernah menjajal oli X-Ten ini untuk motor Honda Vario CW. Sesuai dengan jenis motornya, saya disarankan untuk menggunakan oli X-Ten 10W30 API SL MB Matic 0.8 L. Kejutannya adalah, harganya hanya 45 ribu rupiah. Jauh lebih murah daripada oli motor matic standar pabrikan atau dealer resmi.

X-TEN: Alternatif Oli Motor Matic yang Tahan Lama


Oli motor yang digunakan juga memiliki daya tahan lebih lama yakni hingga 5000 kilometer. Jadi paling tidak saya bisa memakainya 2 - 3 bulan. 2 x lebih lama dibanding oli lainnya. Planet Ban mengklaim X-Ten menjaga kinerja mesin tetap maksimal, mesin tetap awet serta terhindar dari kerusakan. Selama saya pakai hingga ganti oli kembali. Saya merasakan performa yang lumayan hampir mirip dengan oli standar pabrikan/dealer resmi. Nilai plusnya memang, ganti oli jadi lebih lama sehingga bisa menghemat pengeluaran.

Menariknya ganti oli dan servis di Planet Ban bisa kita pantau jumlah pembayaran dan onderdil yang dipakai beserta detail harganya sehingga bisa kita simpan untuk referensi servis di masa mendatang. Kadang kalau hanya nota kertas sering hilang. Planet Ban menggunakan aplikasi Planet sebagai record servis kita dan bisa di gunakan di seluruh cabang Planet Ban.

X-TEN: Alternatif Oli Motor Matic yang Tahan Lama

X-TEN: Alternatif Oli Motor Matic yang Tahan Lama

Planet Ban juga memudahkan kita ganti oli dan servis menggunakan aplikasi Planet ini. Misalkan saya ingin ganti oli saja, saya tinggal masukan data kendaraan kemudian pilih Ganti Oli di aplikasi dan nanti akan disarankan oli motor yang di rekomendasikan beserta harganya. Cara ini menurut saya adalah keunggulan karena kita bisa melihat harga secara lebih transaparan. Dan dengan adanya cara booking yang lebih mudah, waktu kita di tempat servis jadi lebih bisa dipersingkat.

Nah, tertarik untuk ganti oli motor matic alternatif ke X-Ten? Kamu bisa coba dulu. Dan kamu juga bisa dowload aplikasi Planet untuk kemudahan booking atau sekedar melihat-lihat harga oli yang ditawarkan. Untuk detailnya, bisa dilihat melalui website Planet Ban di https://planetban.com/

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

Add your comment EmoticonEmoticon