8 Hal Penting Sebelum Melakukan Touring Motor

8/30/2023
8 Hal Penting Sebelum Melakukan Touring Motor
Photo by Djordje Petrovic: https://www.pexels.com/photo/person-riding-motorcycle-during-golden-hour-1416169/

Dalam beberapa pekan sekali saya terkadang melakukan touring motor sebagai sarana refresing untuk menghilangkan kepenatan setelah berhari-hari tenggelam dengan pekerjaan. Biasanya rute yang saya tuju hanya sekitar Yogyakarta karena saya pasti mengajak anak dan istri untuk touring.

Dan biasanya juga, agar touring selalu aman dan lancar, ada beberapa hal yang saya lakukan sebagai persiapan. Tentu, karena touring dengan motor harus dipersiapkan dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Hal Penting Yang Biasa Saya Lakukan Sebelum Melakukan Touring Motor

1. Cek Ban

Ban adalah bagian penting yang pertama harus dicek untuk meminimalisir kecelakaan. Dan ban adalah sparepart yang mungkin saja sulit dicari bila berada jauh dari pusat kota. Pengecekan ban seperti ketebalan dan tekanan ban perlu dilakukan. Syukur bisa dilakukan dengan berkala.

2. Kampas Rem

Hal penting kedua setelah ban adalah kampas rem. Rem ini penting karena kita akan melakukan perjalanan yang cukup jauh walaupun hanya di sekitar tempat tinggal. Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan sehingga rem yang pakem wajib. 

3. Aki atau Accu

Aki ini berhubungan dengan proses penghidupan mesin dan apabila kita touring sampai malam tentu membutuhkan lampu yang juga berhubungan dengan aki ini. Kita harus sering menngecek kekuatan aki yang dimiliki oleh kendaraan kita. Dan apabila sudah waktunya ganti menurut mekanik maka jangan ditunda untuk ganti.

4. Busi

Busi berhubungan juga dengan proses penghidupan mesin. Untuk busi kita bisa rutin membersihkan jauh sebelum touring. Dan bila memungkinkan kita dapat membawa busi cadangan karena bentuk busi cukup kecil sehingga mudah untuk dibawa.

5. Filter Udara

Hal penting kelima adalah membersihkan filter udara. Walaupun memang harus dilakukan setiap beberapa kilometer sekali namun mengecek kondisi filter udara tidak ada salahnya. Filter udara adalah alat yang menyaring udara masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk menyumbat sistem injeksi dan karburator.

6. Oli Gardan

Oli gardan ini walau penggantiannya sama seperti filter, yakni tidak harus rutin namun tidak ada salahnya mengecek kapasitas oli ini. 

7. Oli Mesin

Nah, ini yang wajib dicek sebelum touring. Oli berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Untuk itu jika akan touring mengganti oli terlebih dahulu adalah hal yang bagus. Oli biasanya diganti setiap 2500-3000 kilometer sekali.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Saya sendiri memiliki motor matic. Dan oli motor matic saya ganti setiap 5000 kilometer sekali.

8. Tune Up 

Terakhir jika memang sudah mengecek semua komponen penting namun merasa belum puas maka tune up di bengkel tidaklah salah agar hati menjadi lebih tenang.

Biasanya saat tune up disertai dengan ganti oli mesin, oli gardan atau yang lainnya. Daripada kita mengganti sendiri. Dan mekanik motor saat ini juga terbuka untuk menginformasikan terlebih dahulu jika ada part yang harus diganti.

Bengkel Service Motor Terbaik

Bengkel service itu, bagaimana ya. Terkadang memang harus berdasarkan pengalaman karena subyektif. Belum tentu service rutin di bengkel resmi menjadikan bengkel tersebut terbaik karena berbagai faktor, seperti kenyamanan tempat, ketersediaan part atau bahkan biaya. 

Dalam pengalaman saya, salah satu bengkel terbaik adalah jaringan Planet Ban. Alasan pertama adalah lokasi yang mudah ditemukan. Kedua adalah harga yang bersaing. Ketiga adalah kemudahan dalam bertransaksi baik pembayaran maupun sistem booking servicenya. Bahkan Planet Ban sering melakukan penawaran diskon menarik sehingga kostumer seperti saya yang suka diskon ini menjadi senang.

Perbedaan Servis Motor di Planet Ban dengan di Tempat Lain

Sebagai pengalaman yang saya rasakan, perbedaan servis motor di Planet Ban dan tempat lain adalah sebagai berikut:
  1. Kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di mesin motor lebih bersih saat servis di Planet Ban. Dengan kebersihan ini, mesin motor jauh lebih ringan.
  2. Setiap selesai servis di Planet Ban, motor seperti baru. Mungkin memang efek dari kebersihan CVT yang dilakukan oleh mekanik Planet Ban.
  3. Setelah servis di Planet Ban, mesin terasa lebih hemat BBM.
  4. Harga servis di Planet Ban lebih murah. Untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000,- servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan servis throttle body juga cuma Rp20.000,- 
Nah, itulah 8 hal penting yang biasa saya lakukan sebelum melakukan touring motor. Kalau kamu, hal penting apa yang kamu lakukan sebelum touring atau menggunakan motor kesayanganmu? Coba diingat, kalau memang belum melakukan seperti hal diatas, yuk datang ke Planet Ban agar lebih praktis.

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
Anonim
08 September, 2023 14:54 delete

Iya, oli di Planet Ban lumayan lebih murah.

Reply
avatar
08 September, 2023 15:12 delete

He eh, enaknya Planet ban itu jaringannya banyak. Dari sisi harga juga hemat... Aku pernah ganti ban aja, dan next pengen ganti oli juga...

Reply
avatar
08 September, 2023 15:16 delete

Dulu pertama kali ganti ban motor, aku gantinya juga ke Planet ban. Nah senengnya kalo mau pompa di sana, free. Eh sekarang malah bisa servis rutin ya, harganya juga terjangkau.

Reply
avatar
Anonim
08 September, 2023 15:21 delete

traumaaa euyyy motoran tp ngga dicek dulu, pernah oleng dan hampiiir aja jatoh soalnya huhu ga ga lagi deh harus checking emang. penting! (Jihan)

Reply
avatar
09 September, 2023 08:41 delete

Apalagi touring itu bisa dibilang kita harus menempuh perjalanan jauh ya mas. Kalau tidak memeprhatikan detail, duh ga kebayang pas di perjalanan mogok. Planet Ban untungnya ada di mana-mana jadi mudah kalau mau service

Reply
avatar

Add your comment EmoticonEmoticon