ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

3/05/2024
ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2024 yang berlangsung pada 9-12 Januari di Las Vegas Convention Center (LVCC) beberapa waktu lalu. ASUS, sebagai salah satu perusahaan yang cukup aktif soal perangkat gaming meluncurkan line-up terbarunya yaitu ASUS Rog Phone 8.

ASUS menyematkan tagline yang nggak main-main pada perangkat terbarunya ini, Beyond Gaming. Kabarnya tagline ini hadir karena perangkat terbaru ini kabarnya "lebih dari gaming" atau tidak hanya dibuat untuk nge-game semata.

Tentu menarik karena ASUS Rog Phone sudah cukup terkenal dengan harganya yang "mahal". Melirik Rog Phone 7 saja, harga paling minimnya masih di angka 10 jutaan. Tentu bagi orang yang duitnya pas-pasan seperti saya ini akan mikir 8 kali untuk membeli perangkat gaming. Kalau itu bentuknya sebuah handphone, kalau bisa ya nggak hanya buat ngegame saja.

Kira-kira, mampukah ASUS Rog Phone 8 Beyond Gaming ini minimal sesuai ekspetasi? Atau bahkan melebihi ekspetasi? Mari kita kuliti secara singkat fitur handphone "mahal" ini menurut spesifikasi yang ada di laman website ASUS. Mengingat bocoran harga dari perangkat ini baru mucul 20 Maret 2024. Tentu artikel ini kelak akan di update mengenai harga resminya.

Mengenal ASUS Rog Phone 8 Beyond Gaming Lebih Dekat

Bagi seorang calon pembeli, yang pertama akan dilirik dari sebuh handphone tentu saja adalah spesifikasi yang ditawarkan. Begitu pula ASUS Rog Phone 8 ini. Mengutip laman https://rog.asus.com/, ASUS Rog Phone akan hadir dalam dua versi, versi biasa dan versi pro.

Perbedaan mendasar terdapat pada kapasitas RAM dan Storage yang diberikan. Untuk spesifikasi dan kemungkinan perbedaan yang lain, berikut pengulikan singkatnya:

Sistem Operasi

ASUS Rog Phone 8 akan menggunakan sistem operasi Android™ 14 with ROG UI atau bahasa kudapannya Upside Down Cake. Android 14 ini adalah versi paling baru Android yang rilis Oktober 2023 tahun lalu. Dengan sistem operasi terbaru tentu sistem keamanan handphone ini juga terbaru. Untuk UI kembali ke selera pengguna, namun tentu saja UI dari ROG pasti tidak main-main.

Prosesor

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

ASUS Rog Phone 8 menggunakan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, SM8650, Qcta-core CPUs, 3.3GHz dengan Qualcomm Adreno 750 sebagai GPU-nya. Prosesor ini setara kualitasnya dengan merk sebelah yang prosesornya memiliki nama 17 Pro itu.

Ditambah dengan bantuan GPU yang mumpuni tentu ASUS Rog Phone 8 menjadi handphone yang sangar dengan kualias sama dengan prosesor 17 Pro. Seharusnya ya, kalau harganya bisa lebih murah tentu ASUS Rog Phone 8 dapat dilirik.

Memori

Memori ASUS Rog Phone 8 versi biasa menggunakan LPDDR5X 16GB sedangkan versi pro menggunakan 32GB. LPDDR5X ini sangat lebih cepat daripada DDR5. Dan 16 atau 32GB tentunya sudah cukup mengakomodir penggunaan gaming atau multitasking aplikasi di handphone ini.

Penyimpanan

ASUS Rog Phone 8 versi biasa memiliki kapasitas penyimpanan 512GB dan versi pro menggunakan kapasitas penyimpanan 1TB. Teknologi yang digunakan adalah Universal Flash Storage (UFS) versi 4.0 UFS ini adalah teknologi penyimpanan yang jauh lebih cepat dari eMMC.

UFS dapat mentransfer data dengan kecepatan yang lebih tinggi karena menggunakan antarmuka PCIe (PCI Express), sementara eMMC menggunakan antarmuka SD (Secure Digital) atau MMC (MultiMediaCard).

Universal Flash Storage (UFS) adalah solusi penyimpanan yang ideal untuk aplikasi yang membutuhkan performa tinggi dan daya rendah dalam satu kemasan terintegrasi. Form faktornya yang kecil dan konsumsi dayanya yang rendah menjadikan UFS ideal untuk aplikasi tertanam dan seluler.

Layar

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?


Saya tidak mau banyak fafifu soal layar, melihat spesifikasinya saja mata sudah adem walaupun belum melihat handphone ini. 
ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

Tidak ada perbedaan antara ASUS Rog Phone 8 versi biasa maupun pro. Keduanya menggunakan spesifikasi yang tertera diatas. Kalau anak gaming, itu capacitive touchscreen 10 point udah oke banget lah. Seluruh jari tangan jadi bisa dipakai.

Kamera Belakang

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

Ada tiga kamera yang disematkan pada ASUS Rog Phone 8 ini, nah sebagai seorang fotografer amatiran saya akan sedikit mereview spesifikasi kamera handphone ini.

Kamera Utama

ASUS Rog Phone 8 menggunakan kamera utama dengan sensor Sony® IMX890 sebesar 50 MP, silakan googling saja handphone apa saja yang pakai sensor ini, semuanya flagship. Sensor ini memiliki ukuran sebesar 1/1.56”, iya lebih dari 1 inci. Sensor 1 inci ini sudah setara mirrorless. Saya jadi teringat mirrorless Nikon 1 Series milik saya dulu yang memiliki ukuran sensor sejenis.

Lalu contoh lain ada kamera Sony RX series yang di line-up kamera saku premium ini juga memiliki sensor sebesar 1 inci. Dengan ukuran sensor yang besar (pada handphone) maka akan semakin meningkatkan hasil jepretan. Tentu saja ini akan berpengaruh pada kualitas foto yang pasti akan lebih mudah dicetak dalam ukuran besar.

Jadi, sangat worth it sekali apabila nantinya harga ASUS Rog Phone 8 ini berkisar 10 jutaan, penggunanya akan mendapatkan kamera yang berkualitas setara mirrorless. Tidak perlu mententeng kamera lain lagi cukup menggunakan ASUS Rog Phone 8 saja.

Kamera Kedua

Kamera kedua adalah ultawide-angle dengan besar 13MP. Ekuivalen focal lenght-nya 12,7mm sudah cukup lebar untuk digunakan di sudut sempit atau penggunaan pemotretan landscape. Saya belum mendapatkan info apakah ada fitur lens distortion untuk lensa ultra lebar di handphone ini, dan semoga saja ada.

Kamera Ketiga

Kamera ketiga adalah lensa zoom sebesar 32MP, memiliki OIS juga seperti kamera utama. Walaupun cuma punya 3x optikal zoom, tapi sudah cukuplah, kan ini handphone gaming yang utamanya.

Kamera Depan

Kamera depan menggunakan sensor sebesar 32GB. Cukup gede untuk sekadar selfie, tapi ya kalau dibelakang ada logo ASUS Rog mending selfie pakai kamera belakang lah. Jangan kalah sama merek sebelah, masak logo mereknya nggak  dilihatkan.

Audio

Audio adalah hal penting dalam perangkat gaming. Apalagi kalau ngegame permainan yang membutuhkan pemainnya saling "ngobrol". ASUS Rog Phone punya dual stereo speaker, dengan output Hi-Res Audio up to 384 kHz. Teknologi di hanphone ini adalah Dirac Virtuo for Headphone Spatial Sound.

Audio hanphone ini juga jalan dengan aplikasi AudioWizard yang punya beberapa pilihan profil mendengarkan. Untuk fitur ngobrol dengan pemain lain, ASUS Rog Phone 8 punya dual-microphones witg ASUS Noise Reduction Technology. Jadi suara kita akan terdengar jelas oleh pemain lawan, tapi jangan dipakai buat berkata kotor ya.

Rekaman Video

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

Nah, sebagai penunjang tagline Beyong Gaming itu. Fitur rekaman video tentu sangat penting di era Reels, TikTok, dan sebagainya ini. ASUS Rog Phone 8 sanggup rekam video kualitas 8K UHD di 24fps. Turunin dikit ke 4K dia bisa rekam di 30 atau 60fps. Dan bahkan bisa slow motion di 4K 120fps. Ini sudah melebihi ekspetasi sebagai handphone gaming.

Kamera depan juga bisa untuk rekam di 720p sampai 1080p FHD. Kalau kamera depan sih butuhnya tipis-tipis aja, ya buat live streaming udah cukup banget. Maklum juga jaringan internet Indonesia masih lambat. Internet cepat buat apa kan ya?

Standar Jaringan

Walaupun kata pak menteri internet cepat buat apa tapi ASUS Rog Phone 8 sudah punya jaringan 5G. Ya walaupun masih di ibukota saja 5G ini dan kalau orang kabupaten pengen coba harus ke kantor provider paling tidak ASUS Rog Phone 8 sudah menyiapkan alat untuk menangkap jaringan 5G untukmu.

Teknologi Nirkabel

Kalau yang ini standar sih, wifi sudah support sampai jaringan 6GHz jadi udah nggak lelet lagi kalau pake wifi atau malah bisa-bisa jatah wifi yang lain kesedot ASUS Rog Phone 8 nih. Ada NFC karena jaman sudah cashless, lumayan buat ngecek isi saldo kartu e-toll yang biasanya juga diisi kalau lagi mau pergi saja itu.

Kabarnya ada WiFi 7 tapi entah aturan di Indonesia ini sudah ada atau belum, tapi yang jelas sudah disiapkan pada ASUS Rog Phone 8.

Navigasi

Navigasi standar handphone pada umumnya, di ASUS Rog Phone semuanya menggunakan versi paling baru. 

Kartu SIM

ASUS Rog Phone memberikan dual-sim dengan semuanya sudah support 5G.

Sensor

Beberapa sensor yang disematkan di ASUS Rog Phone 8 adalah In-display fingerprint sensor, face recognition, accelerometer, e-compass, gyroscope, proximity sensor, ambient-light sensor, AirTrigger. Paling penting In-display fingerprint sensor ini sih karena jadi ada opsi buka handphone yang "beda" dengan merek handphone buah karena belum punya fitur ini.

Baterai

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

ASUS Rog Phone 8 dibekali baterai dengan kapasitas 5.500 mAh, sudah mendukung Quick Charge dan Wireless Charging biar makin gaya.

Adaptor Daya

ASUS Rog Phone 8 menggunakan 65 watt USB Power Adapter. Ini mah gede banget udah seperti colokan laptop saya. 

Isi Kotak

Mengutip laman website ASUS, ada beberapa benda yang dapat ditemukan di isi kotak ASUS Rog Phone 8. Karena di website tidak ada keterangan resmi, saya lampirkan kira-kira isi kotaknya adalah sebagai berikut:

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?


KESIMPULAN

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

Tagline Beyong Gaming tentu adalah tantangan dari seri terbaru Rog Phone. Seri ini memang sudah seharusnya ditata ulang karena sebuah handphone "seharusnya" memiliki fungsi yang beragam. Namun tentu saja tidak mengurangi reputasi ROG. Karena ROG sudah sangat identik dengan gaming.

Untuk desain ASUS Rog Phone 8 ini saya sendiri sudah pasti akan terpukau. Desain yang tidak biasa khas ROG Phone, ditambah ciri khas "lampu belakang" RGB yang menyala tentu akan membuat mata sebelah memandang dengan wah. Tidak ada minus untuk desain ASUS Rog Phone 8. Paling mungkin hanya keputusan untuk menipiskan tebal handphone ini.

Karena menurut saya sudah sewajarnya perangkat gaming memiliki bodi yang tebal. Tentu karena kita sebagai gamer berharap pada kualitas genggaman yang diberikan, syukur dengan bodi yang besar dapat ditambah fungsi pendinginan atau kapasitas baterai yang lebih baik.

Tapi saya rasa Rog Phone sudah tentu berpengalaman untuk mengatasi panasnya handphone saat dipakai untuk gaming. Minimal ASUS sudah siap-siap mengeluarkan perangkat tambahan untuk mendinginkan handphone ini biar tidak selalu dibilang merk handphone setrika.

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

Nilai ekspetasi saya masih terjaga oleh fitur kamera dan video di handphone ini karena kualitasnya setara dengan handphone flagship merek sebelah. Saya sendiri akan mengangkat ekspetasi saya secara lebih apabila harga handphone ini dapat jauh lebih murah dari merk sebelah. Kapan lagi dapat sensor Sony® IMX890 dengan harga miring, ya walaupun masih 10 jutaan sih.

Soal UI yang nantinya bagaimana, kita semua tahu Android masih banyak kekurangan. Hasil foto bagus tapi kalau di pos via Android jadi jelek. Ah itu lagu lama. Banyak kok solusi yang bisa ditawarkan. Banyak aplikasi editing yang dapat dipakai apalagi di handphone Android. Tentu saja dengan spesifikasi mewah ASUS Rog Phone 8 semua bisa dijalankan dengan lancar.

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?


Segala fitur tentu sudah disiapkan oleh ASUS Rog Phone 8. Kabarnya memang ada beberapa fitur AI yang disematkan khususnya pada fitur Kamera dan mode Gaming yang ada, 

Kalau ditanya ASUS Rog Phone 8 ini mampukah sesuai ekspetasi? Mampu! Saya kasih catatan lebih jika harganya setengah dari merek sebelah yang punya sensor Sony® IMX890 yang sama. 

ASUS ROG Phone 8, Mampukah Sesuai Ekspetasi?

Oh iya, untuk harga ASUS Rog Phone 8 ini belum rilis. Untuk ketersediaan, harga, dan info promo ROG Phone 8 akan diungkapkan pada hari peluncuran ROG Phone 8. Saran saya sih nantikan segera di blog ini atau pantengi terus medsos @asusrog.id.

Tabik.

(UPDATE) Akhirnya harga ASUS ROG Phone 8 sudah muncul. Berikut adalah harga resminya:

•⁠  ⁠ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000
•⁠  ⁠ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000
•⁠  ⁠ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000
•⁠  ⁠ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000

Promo ROG Phone 8

First Sale Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. 
Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online. 
Online : Eraspace, Tokopedia,  Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

Consumer Launch Sales Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.




Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8 Blog Writing Competition di Blog Travelerien


Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

Add your comment EmoticonEmoticon