Panduan Memilih Hosting Indonesia

3/05/2018
Panduan Memilih Hosting Indonesia

Brak!!! Mouse di tangan kananku tak lagi berada di posisinya. Dengan emosi aku banting mouse tersebut karena jengkel dengan salah satu website yang aku kelola lemot minta ampun. Aku pikir, aku salah pakai hosting nih. Ya walaupun, hosting yang aku pakai tersebut lancar di beberapa website ataupun blog karena aku pernah mengulasnya. Namun kalau ada klien sudah pengen tampilan macem-macem yang butuh space "lebih" gede ya sudah, kinerjanya tak dapat dihandalkan lagi. Khususnya soal kecepatan membuka website atau blog.

Ada banyak sekali point untuk memilih hosting Indonesia. Bagi blogger seperti aku ini, alasan paling tepat ya harga yang murah. Kedua, space atau penyimpanan data yang sesuai dengan kebutuhan dunia per-blogger-an. Urusan kecepatan biasanya nomor sekian. Karena, blogger seperti aku ini tentu saja memang harus lebih banyak menjajal banyak penyedia jasa web hosting untuk menemukan yang terbaik. Kalau langsung beli yang mahal buat apa, belum tentu pas juga kan. Itulah mengapa point pertama dan kedua tadi adalah patokan.

Karena aku sendiri sering gonta-ganti penyedia jasa web hosting. Apabila kamu ingin mencari hosting Indonesia yang tepat. Berikut adalah panduan memilih hosting Indonesia:

1. Harga

Inilah hal pertama yang harus dipertimbangkan. Penyedia jasa web hosting yang mahal belum tentu bagus, dan juga penyedia jasa web hosting murah belum tentu jelek. 

2. Space Hosting

Pertimbangkan jumlah space yang diberikan oleh penyedia jasa web hosting dengan total harga yang harus kita bayar. Pertimbangan tersebut juga harus didasarkan kepada kebutuhan website atau blog apa yang ingin kita buat. Jangan hanya membuat website atau blog sederhana kita memilih space hosting yang besar, percuma! Apalagi kalau ingin membuat website atau blog berisikan foto dan video misalnya, space hosting yang kita beli nggak sampai 1 GB. Ya, wassalam-lah.

3. Bandwitdh

Kira-kira, berapa sih kelak pengunjung yang akan datang mengunjungi website atau blogmu? Ada beberapa penyedia web hosting yang menawarkan harga yang murah dan space hosting yang besar namun bandwitdh-nya kecil. Tentu saja hal tersebut adalah trik penyedia jasa web hosting untuk menawarkan produknya agar lebih banyak menarik pelanggan. Saranku, tinggalkan atau jangan pernah pakai penyedia jasa web hosting tersebut. Mari belajar OPTIMIS bahwa pengunjung website atau blog kita banyak. Maka dari itu carilah penyedia jasa web hosting yang menawarkan bandwitdh besar atau unlimited sekalian biar mantap.

4. Kecepatan

Apabila ketiga point diatas, masih belum tentu penyedia jasa web hosting yang kita pilih dapat memuaskan hasrat kita. Tentu saja, point ke-empat adalah pertimbangkan kecepatan yang ditawarkan. Bersyukurlah beberapa penyedia jasa web hosting memberikan layanan gratis mencoba atau trial selama beberapa waktu. Gunakan hal tersebut! Secara umum memang kecepatan web hosting dipengaruhi oleh spesifikasi server. Apabila punya waktu lebih, cari informasi secara detail spesifikasi server calon hosting Indonesia yang akan kita gunakan. Kalau perlu, cari tahu lokasi  server berada. Lokasi dimana server juga berpengaruh loh.

5. Keamanan

Website atau blog yang menggunakan hosting sendiri berarti siap untuk di serang hacker, spam, malware dan hal jahat lainnya. Carilah hosting yang menyediakan layanan Secure Socket Layer (SSL). SSL kalau belum tahu adalah protokol keamanan yang ada di sebuah website atau blog. Syukur-syukur ngasih SSL gratis. Pssstt... aku punya bocoran penyedia jasa web hosting Indonesia yang punya lima kriteria yang aku sebutkan barusan. Simak terus ya warganet.

6. Jumlah Pengguna Hosting

Suatu hari teman sesama blogger menawari sebuah web hosting. Teman menawari hosting tersebut dengan menyebut lima point kriteria yang ku sebutkan diatas. Namun dengan berat hati aku menolaknya. Kenapa? Karena penyedia jasa web hosting tersebut masih baru! Jadilah sedikit egois kepada teman apabila kamu masih baru soal urusan web hosting. Jangan mau berjudi soal web hosting ini. Untung, hanya mouse yang melayang. Kalau kamu melenpar notebook kan bahaya. Cari penyedia web hosting yang punya pengguna atau client yang banyak. Jutaan kalau perlu.

7. Customer Service/Live Chat

Sebelumnya aku bertanya, pentingkah sebenarnya customer service ini ada? Aku jawab penting, namun jangan sampai kita memakai jasanya. Loh!? Iya, karena customer service atau live chat biasanya karena hosting kita bermasalah. Maka dari itu jangan sampai kita menggunakan jasanya. Tapi kalau penyedia jasa web hosting punya custoner service atau live chat dengan respon cepat nan profesional maka kamu pilihlah jasa web hosting tersebut.

8. Layanan Tambahan

Karena persaingan point-point yang ku sebutkan diatas sangat sengit. Langkah terakhir untuk memilih jasa penyedia web hosting adalah lihat layanan tambahannya. Untuk blogger seperti aku, layanan Website Builder atau panduan membuat tema web dan blog sangat perlu. Aku biasanya tidak sabaran ingin membuat tampilan web atau blog terlihat menarik. Dengan website builder tentunya sangat membantu sekali. Oh iya, layanan tambahan ini bisa apa saja loh. Contoh lain adalah kumpulan tips dan trik serta tutorial. Layanan tambahan itu juga perlu dipertimbangkan.

---

Nah kalau kamu sudah menemukan ke-delapan point diatas pada sebuah penyedia jasa web hosting. Jangan berpikir panjang. Langsung klik beli saja. Kalau belum menemukannya, aku ada saran sebuah penyedia jasa web hosting. Penyedia jasa web hosting yang aku maksudkan adalah HOSTINGER.

Kenapa Hostinger, karena penyedia jasa web hosting Indonesia tersebut telah memiliki ke-delapan point yang dibutuhkan sebagai web hosting terbaik Indonesia.

Panduan Memilih Hosting Indonesia

Hostinger sudah menunjukan kriteria point pertama yakni murah. Hanya dengan Rp13.850/bulan kamu sudah dapat menikmati jasa web hosting terbaik dan tercepat di Indonesia. Detail harga dan fasilitas lengkapnya ada di bawah ini:

Panduan Memilih Hosting Indonesia

Dengan harga termurah tadi. Hostinger berani memberikan disk space sebesar 10 GB. Bahkan untuk paket lainnya, Hostinger memberikan disk space unlimited alias tidak terhingga. Bandwidth pun tak perlu diragukan. Paket termurah diberikan bandwidth sebesar 100 GB, paket Hostinger lain? Tentu saja diberikan bandwidth unlimited.

Hostinger juga mengklaim sebagai penyedia jasa web hosting tercepat di Indonesia. Klaim tersebut berdasarkan uptime hingga 99.9% yang tentu saja mendekati sempurna. Masalah keamanan Hostinger tidak perlu diragukan. Salah satu paket di Hostinger memberika sertifikat SSL secara gratis.

Kalau kamu masih tidak yakin dengan Hostinger, perhatikan gambar di bawah ini. Lihatlah jumlah pelanggan Hostinger yang sudah mencapai 29 juta pelanggan dengan 20 ribu klien baru setiap harinya. Dengan Hostinger, 24 juta website dan blog telah dibuat. Sebuah angka yang luar biasa.

Panduan Memilih Hosting Indonesia

Kiranya tak perlu ragu lagi untuk memilih Hostinger sebagai penyedia jasa web hosting-mu. Kalau masih ragu pun kamu dapat menghubungi costumer service yang siap 24 jam selama 7 hari. Oh iya, hampir lupa. Hostinger memiliki layanan tambahan website builder yang akan menambah ciamik tampilan website atau blogmu. Selain itu, Hostinger juga mengoptimalkan website atau blog yang menggunakan layanan WordPress. Layanan yang sangat digandrungi banyak pengguna internet.

Panduan Memilih Hosting Indonesia

Nah, untuk menjawab semua keraguanmu apabila masih ada. Kamu dapat mencoba fasilitas gratis coba dari Hostinger selama 30 Hari. Apabila dalam 30 hari kamu tidak yakin dengan Hostinger, uang kamu bakal dikembalikan. Simpel kan, yuk pakai Hostinger.

Panduan Memilih Hosting Indonesia

Share this

Seorang blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »