Desa, Adiwiyata, Astra - Ardian Kusuma

A blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Friday, December 22, 2017

Desa, Adiwiyata, Astra

Alam, Adiwiyata, Astra
Dokumen Pribadi
Raut-raut wajah bahagia saya jumpai saat datang di sebuah desa bernama Kemuning. Sebuah desa yang sebenarnya masih asing di telinga saya. Karena desa Kemuning sendiri belum begitu dikenal di Yogyakarta, khususnya bagi saya. Desa tersebut berlokasi di kecamatan Patuk, kecamatan paling barat di kabupaten Gunungkidul.

Raut wajah bahagia tersebut karena desa mereka punya "gawe" atau hajat besar. Sudah dari pinggir jalan besar Jogja-Wonosari spanduk dan baliho terpasang di pinggir jalan menandakan bahwa di desa Kemuning sedang diadakan Jambore. Jambore bernama Jambore Adiwiyata Astra.

Alam, Adiwiyata, Astra
Dokumen Pribadi
Se-istimewa apakah desa Kemuning sehingga sebuah perusahaan sebesar Astra hadir? Saat saya mulai memasuki wilayah desa. Desa Kemuning memang sangat istimewa, semuanya masih asli ciri khas sebuah desa sesungguhnya. Jalannya mengingatkan saya pada desa orang tua saya dulu yang kini telah menjadi perumahan modern. Sawah dan kebun di desa Kemuning membentang indah sepanjang perjalanan menuju lokasi Jambore Adiwiyata.

Astra memang mendukung desa Kemuning. Namun bukan untuk mengubah apa yang telah ada. Astra melestarikan dan mengembangkan desa Kemuning secara lebih berfokus pada kelestarian alam, bukan kemoderenitas. Sehingga, untuk nama desa Kemuning sendiri kemudian diberi nama Kampung Berseri Astra. Program CSR Astra untuk masyarakat pedesaan di seluruh Indonesia.

Alam, Adiwiyata, Astra
Dokumen Pribadi
Wajah-wajah bahagia yang saya temui memang menunjukan wajah bahagia yang sesungguhnya. Ada pos pengobatan gratis, ada aktivitas edukasi, ada aktivitas perniagaan produk-produk buatan penduduk desa. Semua bersatu dalam sebuah acara bernama Jambore Adiwiyata Astra.

Jambore Adiwiyata ini sendiri adalah kegiatan roadshow Astra di 6 kota untuk merayakan hari ulang tahunnya yang ke-60. Yogyakarta adalah kota pertama yang disambangi. Jambore Adiwiyata Astra sendiri dipusatkan di telaga Kemuning yang juga berada di desa Kemuning, kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul.

Alam, Adiwiyata, Astra
Dokumen Pribadi

Alam, Adiwiyata, Astra
Dokumen Pribadi

Alam, Adiwiyata, Astra
Dokumen Pribadi
Jambore Adiwiyata Astra adalah upaya membangun program atau wadah yang baik dan ideal untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup untuk mencapai cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Melihat desa Kemuning adalah melihat sebuah contoh kontribusi nyata sebuah perusahaan besar yang telah ada di Indonesia sejak lama. Program sosial dari Astra memang tidak tanggung-tanggung. Pedoman Catur Dharma yang mewajibkan harus "lebih" berkontribusi kepada masyarakat membuat konstribusi Astra sangat begitu mencolok.

Desa Kemuning hanya salah satu dari puluhan kampung berseri Astra yang tersebar di 17 Provinsi di Indonesia. Kampung Berseri adalah bukti nyata program sosial tidak harus berfokus pada pembangunan fisik namun edukasi masyarakatnya untuk terciptanya kesejahteraan. Terimakasih Astra atas 60 tahun kontribusimu bagi negeri kami.

Add your comment
EmoticonEmoticon