7 Tips Berwisata ke Bogor saat Musim Hujan - Ardian Kusuma

A blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Tuesday, January 16, 2018

7 Tips Berwisata ke Bogor saat Musim Hujan

7 Tips Berwisata ke Bogor saat Musim Hujan
sumber foto: bogorgate.com
Kota Bogor memang menjadi salah satu kota yang paling dekat dengan Jakarta. Kota satelit ini bahkan bisa diakses dengan Commuter Line dengan mudah. Jadi wisatawan tidak perlu nggak macet-macet di jalan jika ingin ke Bogor karena sudah ada fasilitas transportasi yang lebih cepat.

Buat kamu yang belum reservasi tiket pesawat untuk liburan tahun baru, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Bogor menjadi salah satu tempat wisata akhir tahun baru kali ini. Kota ini memiliki banyak tempat wisata dan juga memiliki banyak wisata kuliner yang patut dicoba. Berikut adalah tips berwisata ke Bogor pada saat musim hujan. 

1. Riset Tujuan

Pada saat musim hujan, kota Bogor sudah pasti akan memiliki intensitas hujan yang lebih tinggi dibandingkan air biasanya. Apalagi selama in ikota Bogor dikenal sebagai kota hujan. 

Untuk itu sebaiknya kamu melakukan riset atau mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang tempat wisata yang memang ingin kamu tujuh bersama keluarga atau pasangan. Riset sederhana sangat penting, selain dapat mengetahui kondisi medan jalan informasi tentang fasilitas wisata yang tersedia. Agar kamu bisa menentukan barang-barang apa mau dibawa dan bareng-bareng yang tidak perlu dibawa.

2. Buat Poin Rencana Perjalanan

Meskipun kota Bogor jaraknya sangat dekat dengan Jakarta, namun bukan berarti kamu tidak membuat poin perencanaan perjalanan. 

Kamu bisa membuatnya melalui notes HP, beberapa tempat wisata yang memang kamu rencanakan untuk dikunjungi bersama keluarga. Biasanya tempat yang paling lama dikunjungi selain tempat wisata yaitu tempat wisata belanja dan tempat wisata kuliner. Apalagi jika kamu membawa pasangan dan juga membawa anak-anak.

Setiap traveling keluar negeri biasanya reservasi tiket pesawat menjadi salah satu yang utama. Tak berbeda juga misalnya jika kamu punya rencana menginap di Bogor. Kamu bisa mencari daftar hotel di Bogor lewat Reservasi.com.

3. Berangkat Lebih Pagi

Kota Bogor dikenal dengan kemacetannya. Dengan mengetahui jalur yang akan dituju atau dilalui ada baiknya kamu memantau kondisi jalur yang akan dilalui melalui Google Maps. 

Kamu bisa secara Real Time mengetahui kemacetan atau titik-titik perlu dihindari. Bisa jadi ada beberapa tempat yang memang menjadi pusat kemacetan yang akan membuat rencana kamu bisa jadi dibatalkan. Daripada terjebak kemacetan berpuluh-puluh km, sebaiknya kamu bisa mengetahuinya terlebih dahulu.

Jika sudah tahu kondisi jalan dan medan yang akan dilalui, Berangkat lebih pagi adalah opsi yang paling tepat untuk mengurangi atau menghindari kemacetan lebih dini

4. Bawa Cadangan Air Minum Lebih

Jika menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya bawa air minum cadangan lebih dari biasanya. Kamu bisa membawa sendiri dengan menempatkan pada botol-botol kecil atau langsung membeli air kemasan dengan ukuran tidak lebih dari 1 liter.

Jika kamu menggunakan kendaraan umum pastikan juga kamu membawa cadangan air minum yang cukup. Minimal untuk berangkat dan juga jangan lupa persiapkan untuk cadangan pada saat pulang.

Meskipun musim hujan bukan berarti kamu mengabaikan cairan tubuh kamu. Saat hujan kamu masih tetap bisa dehidrasi karena kedinginan. Untuk itu jaga asupan cairan tubuh agar tidak mudah lelah dan hilang konsentrasi.

5. Perbanyak Langkah

Jika kamu gunakan kendaraan umum, beruntunglah karena kamu bisa sekaligus berolahraga. Apalagi Jika kamu menggunakan Commuter Line.

Sudah ada banyak angkutan umum di kota Bogor yang dikenal sebagai Kota 1000 angkot. Namun satu hal yang penting adalah ketersediaan transportasi online yang bisa kamu pesan kapan saja dan dimana saja.

6. Bawa Payung dan Tas Anti Air 

Saat musim hujan tidak ada yang bisa memperkirakan kapan hujan akan turun. Hujan bisa turun pada pagi, siang atau sore hari. 

Jangan lupa membawa payung lipat sehingga lebih mudah disimpan di dalam tas kecil sekalipun. Jika kamu membawa ransel, pastikan ransel kamu anti air atau setidaknya gunakan saja cover bag anti air sehingga bisa melindungi barang berharga kamu. 

Pastikan selain aman dari air, juga aman dari tangan-tangan usil baik di transportasi umum maupun di tempat wisata.

7. Siapkan bekal dan bujet yang cukup

Salah satu hal yang tak kalah penting adalah menyiapkan bekal makanan dan juga dana yang cukup untuk berwisata ke Bogor pada saat musim hujan. Meskipun jaraknya dekat dan tak perlu reservasi tiket pesawat bukan berarti kamu abai dengan dana yang harus disiapkan. Apalagi jika membawa banyak anggota keluarga.

Bekal yang paling penting biasanya adalah bekal untuk anak-anak. Variasikan bekal mulai dari minuman biskuit hingga makanan padat. Pastikan juga membawa dana darurat untuk kondisi yang tidak terduga jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Jangan lupa membawa kartu asuransi ataupun kartu BPJS. Agar, jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dokumen-dokumen sudah kamu bawa dan bisa digunakan kapanpun dibutuhkan.

Itulah tips berwisata ke Bogor pada saat musim hujan. Kota Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan tetap selal uramai meskipun cuaca kurang bersahabat. Bahkan pada saat musim hujan merupakan waktu yang paling tepat untuk jelajah air terjun di sekitar kota Bogor.

Add your comment
EmoticonEmoticon