Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul - Ardian Kusuma

A blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Wednesday, September 26, 2018

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul.

Mungkin tidak banyak kedai kopi di wilayah Gunungkidul. Bahkan sampai saat ini saya belum pernah mendengar ada kedai kopi di wilayah Gunungkidul. Saya dulu pernah menginap di Wonosari, ibukota Gunungkidul. Jarang ada aktivitas yang saya temui diatas jam 7 malam. Hanya beberapa warung tenda lesehan yang ada. Kedai kopi? Tidak ada sama sekali.

Kedai kopi yang saya maksud dan cari adalah kedai kopi specialty. Apa itu kedai kopi specialty? Kedai kopi specialty tersebut adalah kedai kopi yang memiliki biji kopi berkualitas. Biasanya biji kopi yang dimiliki oleh kedai kopi specialty adalah biji kopi pilihan yang di roasting dengan metode yang tepat.

Dan produk kedai kopi specialty biasanya disajikan melalui metode seduh manual semacam V60, Chemex, Aeropress dan lainnya. Sangat jauh berbeda dengan kopi biasa seperti tubruk yang hanya memunculkan rasa pahit saat dinikmati.

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul.

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul.

Adalah Kopi Gading. Sebuah kedai kopi yang berlokasi di Jalan Yogyakarta - Wonosari Km. 7, Gunungkidul, Yogyakarta. Sebuah kedai kopi yang sebenarnya menyatu dengan restoran dengan berbagai macam menu masakan (yang spesial adalah Kambing Bakarnya, trust me!).

Kopi Gading semacam oase di tengah keringnya kedai kopi specialty di wilayah Gunungkidul. Walaupun saya sebenarnya nggak mau nyinyir para pecinta kopi sobek. Namun kopi specialty harus ada di suatu daerah karena suatu saat penikmat kopi harus merasakan kopi dengan metode seduh yang kompleks atau rumit tersebut.

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul.

Alat seduh di Kopi Gading lumayan komplit. Kalian bisa menikmati metode manual semacam V60. Aero Press dan Vietnam Drip disini. Untuk biji kopi, Pak Joko selaku pemilik kedai ini menggunakan biji kopi dari Temanggung karena beliau sendiri adalah pengusaha kopi Temanggung. Selain Temanggung, ada beberapa biji kopi yang bisa menjadi pilihan lain seperti Gayo.

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul.

Tak hanya kopi. Karena dulunya kedai Kopi Gading adalah restoran bertemakan olahan kambing. Kedai Kopi Gading masih mempertahankan menu yang dulu ada. Nama Kedai Kopi Gading sendiri masih menggunakan embel-embel nama restoran yang dulu yakni Kambing Bakar Mas Tejo. 

Jadi selain ngopi kalian bisa menikmati hidangan yang ada. Saat itu saya mencoba 2 hidangan paling favorit di tempat ini, Kambing Bakar Rica-Rica dan Nasi Goreng Seafood. Pak Joko berani menjamin kenikmatan kedua menu tersebut. Saya pun mengamininya. Nggak mungkin kalian tidak tergoda dengan tampilan hidangan seperti di bawah ini.

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul.

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul.

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul.

Harga kopi dan hidangan di Kopi Gading masih tergolong terjangkau. Padahal Kopi Gading berada dengan obyek wisata Hutan Bunder dan lokasinya sangat strategis untuk dijadikan sebagai rest area wisatawan yang hendak atau pasca bertualang di obyek wisata Gunungkidul. Di bawah ini adalah daftar menu hidangan di Kopi Gading.

Kopi Gading: Kedai Kopi Specialty Terbesar di Gunungkidul.

Kiranya kalian harus mencoba Kopi Gading ini. Mari dukung kedai kopi specialty di Gunungkidul. Kalau nggak sempat ngopi kalian bisa mencicipi hidangan yang ada. Apalagi kambing bakarnya. Luar biasa.


Kopi Gading
Jalan Yogyakarta - Wonosari Km. 7, Gunungkidul, Yogyakarta

8 Comments

Nggak sekalian coba bikin kopi sendiri po? Kayake malah menarik loh dab hahahhahah.
Kedai kopi kalau ada makanan beratnya itu bikin kita santai. Setidaknya kalau lapar tinggal pesan di menu yang tersedia.

Saya lebih tertarik dengan kambing bakarnya sajalah. Tempatnya bersih dan mantap. Semoga ada kesempatan berkuliner kesana.

Menarik. Dari restoran, Kedai Kopi Gading berekspansi untuk menyesuaikan diri dengan tren pasar. Aku dulunya biasa minum kopi sobek. Setelah terbiasa minum kopi-kopi lokal (kopi Pontianak, Bangka, Lampung, Sidikalang) dari oleh-oleh, begitu minum kopi sachetan jadi aneh. Cuma segelintir kopi sobek yang cocok di lidah.

Pengen coba Kopi Gading ini, mas. Tempatnya kayak yang masih tenang :)
thetravelearn.com

wiiii seru nih kayanya tempatnya. mas ardian nemu aja yang beginiii

Woalaaaa iki tah. Kambing bakar rica2ne enak kayane cui~

Coffee culture sedang berkembang pesat di Indonesia nih speertinya. mudah2an bisa menyamai atau setidaknya mendekati coffee culture di Vietnam yang sudah sangat maju.
Lintas Nusa Travel

Maaf min, sedikit revisi. Klo terbesar mungkin iya, tapi klo kedai kopi specialty di Wonosari sudah banyak. setau saya ada 3 kedai kopi yang berdiri sejak 3 tahun lalu seperti Kedai Sastra, Katamata Coffee, dan Stiff. Bahkan salah satu dari mereka ada yang memproses kopinya secara mandiri sejak dari kopi mentah. Dan sekarang juga sudah ada Konco, Kopinik, Kopi Gunung, Kopi ANgkringan, dll.

untuk kedai kopi di Gunungkidul, silahkan cek di blog saya http://gunungkidulcoffeehunter.blogspot.com

Add your comment
EmoticonEmoticon