10 Manfaat Kesehatan Jahe yang Luar Biasa

10/31/2018
10 Manfaat Kesehatan Jahe yang Luar Biasa
sumber gambar: pixabay
Jahe adalah sebuah bumbu kuno yang telah digunakan dalam berbagai budaya selama ribuan tahun. Jahe banyak digunakan utamanya untuk pengobatan dan menjaga kesehatan. Jahe banyak diolah dengan berbagai cara seperti digepuk mentah, dibakar, dijus, dikeringkan dan lain sebagainya. Semua proses pengolahan jahe selalu menawarkan rasa yang kuat dan rasa hangat bagi tubuh.

Ada banyak sekali manfaat dari sebuah Jahe. Namun saya merangkumnya menjadi 10 saja. Berikut ini adalah 10 manfaat kesehatan Jahe yang luar biasa:

1. Membantu Meringankan Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan kadang susah diatasi. Jika salah mengobati bisa-bisa malah bertambah parah. Gangguan pencernaan biasanya adalah perut kembung, mual, asam lambung naik dan lain sebagainya. Rasa yang tidak enak di perut bisa sampai membuat kita muntah-muntah. Ada beberapa obat untuk mengobati masalah pencernaan salah satunya dengan pengobatan tradisional.

Pengobatan alami tradisional yang dapat kalian lakukan adalah dengan memanfaatkan Jahe. Tanaman Jahe ini sangat ampuh untuk meringankan masalah pencernaan. Caranya pun mudah dan sederhana. Cukup dengan mencampur potongan Jahe ke dalam air mendidih dan tambahkan lemon dan madu atau pemanis lainnya sebagai penambah rasa. Minum ramuan Jahe tersebut saat kondisi pencernaan sedang tidak baik. 

2. Meredakan Sakit Gigi

Ternyata Jahe mampu meredakan sakit gigi dengan cepat. Selain rasa pedar dan pedas, ada kandungan yang bersifat antijamur yang berfungsi untuk membumi hanguskan kuman-kuman yang ada pada lubang gigi yang rusak serta jaringan syaraf pada gusi.

Cara memanfaatkan Jahe sebagai pereda sakit gigi adalah dengan berkumur dengan air parutan Jahe. Selesai berkumur, diamkan selama beberapa menit pada area yang sakit. Bila tidak terbiasa, akan ada rasa perih yang berasal dari Jahe tersebut. Tetapi tidak apa-apa karena setelah itu sakit gigi akan segera lenyap karena manfaat alami Jahe.

3. Melawan Pilek dan Flu

Sama seperti meringankan masalah pencernaan. Jahe juga dapat melawan pilek dan flu yang menyerang. Caranya pun hampir sama dengan mencampur Jahe dengan air mendidih ditambah irisan lemon dan madu sebagai penambah rasa agar Jahe dapat dikonsumsi dengan enak dan nyaman.

Jahe memiliki kandungan untuk menambah kekebalan tubuh sehingga dapat membantu secara alami melawan pilek dan flu yang menyerang. Tips dari saya agar lebih meyakinkan lagi, proses membuat air Jahe tersebut langsung dilakukan didalam wajan atau direbus langsung hingga mendidih. Kebaikan alami Jahe akan langsung tercampur di hidangan air Jahe yang kita buat.

4. Anti Peradangan Alami

Dilansir India Times, sebuah penelitian mengemukakan bahwa Jahe yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai pasar tradisional ini dapat digunakan sebagai obat anti inflamasi. Penelitian yang dilakukan oleh University of Miami menemukan bahwa terdapat sifat-sifat yang mirip seperti kunyit yang ditemukan pada Jahe. Yakni menurunkan proses inflamasi atau peradangan pada tingkat sel.

Di dalam jahe terkandung NSAIDs (Nonsteroidal anti-inflammatory drugs) atau obat anti-inflamasi non steroid yang selain mengurangi efek peradangan juga memberikan sifat analgesik atau anti nyeri. NSAIDs ditemukan pada flavonoid yang terkandung dalam jahe. Selain flavonoid, Jahe juga tinggi anti-oksidan yang berfungsi sebagai penghalau radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. (sumber: kumparan)

5. Sebagai Anti Racun

Tidak kita sadari, banyak bakteri yang masuk ke tubuh kita. Bakteri yang salah akan menjadikan racun bagi tubuh. Cara alami untuk menetralkan racun dalam tubuh adalah dengan menggunakan bahan tradisional Jahe.

Kandungan nutrisi dalam Jahe mampu menawarkan racun mirip dengan air kelapa yang banyak terdapat anti-oksidan.

10 Manfaat Kesehatan Jahe yang Luar Biasa
sumber gambar: healthyhubb

6. Memperlancar Sirkulasi Darah

Inilah alasan kenapa Jahe perlu sering dikonsumsi oleh tua maupun muda. Banyaknya makanan modern dan tuntutan hidup yang bertubi-tubi dapat membuat darah tinggi yang menyebabkan berbagai penyakit datang.

Jahe hadir untuk melancarkan peredaran darah. Gingerol yang terdapat pada jahe bersifat anti-koagulan yang akan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan mencegah tersumbatnya pembuluh darah, Jahe adalah obat alami pencegah penyakit stroke dan juga serangan jantung.
7. Menurunkan Tekanan Darah

Selain memperlancar peredaran darah. Jahe juga mampu untuk menurunkan tekanan darah yang naik tinggi. Paling tidak dengan mengkonsumsi Jahe, kita tidak akan terkena stroke dan juga serangan jantung mendadak.

8. Meredakan Kram Menstruasi

Rebusan air Jahe juga dapat meredakan kram menstruasi. Ini jelas bagi wanita loh ya. Daripada menggunakan obat yang belum tentu jelas. Lebih baik kembali ke alami dengan mengkonsumsi Jahe. 

9. Membantu Melindungi Terhadap Penyakit Kanker

Bagi yang sudah terlanjur terkena kanker dan bagi yang tidak ingin mengalaminya. Jahe sangat bermanfaat untuk mengurangi sel-sel kanker yang tumbuh karena Jahe memiliki anti-oksidan yang tinggi. Jahe juga dapat berfungsi dalam pra maupun pasca pengobatan kanker yakni bermanfaat sebagai pengurang rasa mual dalam pengobatan kemoterapi. Yuk biasakan memanfaatkan Jahe agar terhindar dari kanker apapun.

10. Mempercepat Metabolisme Tubuh

Metabolisme yang cepat berarti pencernaan yang lancar. Metabolisme yang cepat berarti banyak energi baik yang hadir di tubuh kita. Jahe telah terbukti untuk mempercepat metabolisme tubuh. Jahe membakar lemak jahat. Membuat tubuh lebih sehat bugar dengan anti-oksidan tinggi yang tentu saja membuat kesehatan tubuh menjadi sempurna.  

Nah, 10 manfaat kesehatan Jahe tadi luar biasa bukan? Kalian dapat mengkonsumsinya dengan berbagai cara apapun. Tetapi saya punya 1 (satu) cara pamungkas nan ampuh yang praktis, mudah dan hemat untuk menikmati manfaat dari Jahe.

Caranya pamungkas nan ampuh tersebut adalah dengan mengkonsumsi Herbadrink Sari Jahe. Kebaikan alami dan manfaat Herbadrink Sari Jahe sama dengan 10 manfaat kesehatan Jahe yang sudah saya tulis diatas. Herbadrink membuat cara mengkonsumsi Jahe jauh lebih praktis dengan mengolahnya menjadi minuman serbuk yang mudah dalam penyajian dan hemat soal harga.

10 Manfaat Kesehatan Jahe yang Luar Biasa

Setiap ke supermarket, saya selalu menyetok Herbadrink Sari Jahe untuk menunjang hidangan minuman di rumah, jaga-jaga apabila tubuh mulai letih atau cuaca yang sekarang ini mulai masuk musim penghujan. Harganya hanya belasan ribu rupiah saja setiap pax yang berisi 5 (lima) sachet Herbadrink Sari Jahe siap seduh.

Cobalah sendiri dan nikmati manfaat alami Jahe dalam Herbadrink Sari Jahe. Secara keseluruhan, Herbadrink memiliki varian Sari jahe, sari Temulawak, dan lidah buaya yang semuanya wajib untuk dicoba.

Tabik.
Sari Jahe Herbadrink dibuat dari resep minuman tradisional, serta diproduksi tanpa pengawet. Jahe alami memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, selain menghangatkan serta membuat tubuh nyaman sehingga memberikan efek relaksasi. Rasa hangat dari jahe pun bermanfaat untuk meredakan masuk angin, kembung serta mengurangi rasa mual.
Dikemas secara praktis dan higienis, tinggal diseduh, bersih dan tanpa endapan karena diproduksi dengan teknologi tinggi. Sari Jahe Herbadrink rasanya enak dan segar, tepat untuk menjadi minuman herba-break Anda setiap hari.
10 Manfaat Kesehatan Jahe yang Luar Biasa

Share this

Seorang blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »