Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

10/26/2018
Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Diantara sistem mirrorless bersensor APS-C, lensa Fujifilm Fujinon XF 10-24mm F4 R OIS ini adalah lensa ultra-wide termahal. Banderolnya saja mencapai 12 juta untuk harga normal. Walaupun memang Fujifilm sendiri sering memberi diskon dengan cashback hingga 2 juta khusus untuk lensa ini. Dan bisa dibeli pula dengan paket hemat saat ada kamera Fujifilm yang baru rilis, seperti saat bundling X-A5, X-T100 atau X-T3 baru-baru ini namun ya~

Dan sayapun tetap nekat untuk membelinya. Walaupun saya sudah memiliki lensa kit dengan focal lenght 16-50mm namun saya rasa lensa tersebut sangat kurang untuk kelebaran dan ketajaman. Lensa super lebar sangat diperlukan untuk pemotretan pemandangan, interior dan human interest yang lebih terlihat asik karena cakupan luas.

Dan inilah sekilah tentang Lensa Fujifilm Fujinon XF10-24mm F4 R OIS:

  • Ini adalah lensa paling super lebar dari Fujifilm. Tetapi kabarnya Fujifilm akan segera merilis lensa yang lebih lebar lagi dengan focal lenght 8-16mm.
  • Kalau kamu pakai kamera full frame. Focal lenght lensa ini sama saja dengan 15-35mm.
  • Aperture lensa ini dapat konstan di F4. Aperture terkecilnya adalah F22.
  • Huruf R di lensa Fujinon menandakan lensa ini punya ring aperture yang dapat diputar di lensa.
  • Kata OIS di lensa Fujinon menandakan lensa ini punya teknologi Optical Image Stabilization yang membantu meredam goncangan tangan. Btw, lensa ini lumayan berat sih.
  • Harga resmi lensa ini tanpa diskon adalah Rp11.999.000 jadi saya ucapkan selamat menabung.
Hampir seluruh elemen lensa ini adalah metal. Kecuali ring focal lenght yang berbalut karet. Saya kurang suka sih karena pengalaman lensa berkaret sering melar. Entah kenapa tidak dibuat full metal seperti Fujinon XF35mm F2 milik saya.

Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Dimensi lensa ini melebar ke ujung. Ukuran dan bobotnya pun besar. Saya mesti mengganti tas kamera yang sering saya gunakan apabila membawa lensa ini. Cara membawa lensa ini secara ringkas hanya dengan mencopotnya dari body. Tapi sering mencopot-copot tidak saya rekomendasikan karena sensor kamera rawan terkena debu.

Ring lensa ini 72mm. Cukup lebar dan besar. Bagian depan lensa sangat perlu diberi pelindung minimal hood karena pergerakan lensa ini sangat terlihat saat memaju-mundurkan focal lenght. Saya sendiri memasangkan UV Filter sebagai tambahan pelindung terhadap benturan dan debu. Mengingat lensa ini belum bertipe WR (Weather Sealed) sehingga dikawatirkan debu dapat masuk melalui celah-celah lensa. 12 juta belum WR :(

Kalau tidak terbiasa dengan lensa super lebar. Pasti akan merasakan gradasi di foto yang kita hasilkan. Lensa ini memang sedikit memiliki gradasi yang terlihat apabila kita memotret dengan sudut tertentu. Namun apabila kita memotret dengan tegak sesuai garis framing (tidak semua kamera Fujifilm punya fitur ini) maka gradasi tidak terlihat.

Lensa yang cukup besar ini lebih sangat cocok disandingkan minimal dengan Fujifilm X-T10/X-T20. Akan sangat sempurna apabila dipasangkan dengan X-T1/2/3, X-Pro1/2 atau X-H1 karena body mereka yang besar. Seri lain akan membuat kamera terlihat timpang.

Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Performa lensa ini sangat sangat baik. Gambarnya tajam. Auto fokusnya cepat walaupun tidak secepat XF35mm F2 yang saya miliki. Yang paling terasa leletnya adalah saat mencari fokus face detection namun seharusnya lebih baik jarang digunakan karena ini lensa super lebar. Kecuali kita sendiri yang mendekat ke obyek manusia tersebut. Ada sedikit suara srek srek yang mungkin saja mengganggu saat digunakan untuk merekam video.

Lensa ini juga bisa digunakan untuk memotret makro, saya ukur sekilas bisa sampai jarak sekitar 5cm menggunakan mode auto, walaupun di spesifikasi resmi jarak minimum fokus yang optimal adalah 24cm. Untuk potret makanan saya rasa lensa ini tidak begitu cocok namun apabila untuk memotret flatlay, yes kamu perlu lensa ini.

Tentunya lensa ini sangat cocok untuk membuat Vlog karena dengan bantuan focal lenght 10mm-nya hasil karyamu tidak akan hanya berisi wajahmu saja hehe. Karena bekerja kantoran, saya lebih sering menggunakan lensa ini untuk pemotretan sehari-hari. Dibawah ini beberapa contoh hasil foto (yang akan terus diupdate) dari lensa XF10-24mm F4 menggunakan body kamera Fujifilm X-T20. Dan kesimpulan singkat dari saya adalah lensa ini hanya punya 2 kekurangan yakni mahal dan belum Weather Sealed.

Baca Juga:

9 Lensa Murah untuk Kamera Mirrorless Fujifilm


Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Review Lensa Fujinon XF 10-24mm F4

Share this

Seorang blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »