Jelajah Bali Safari and Marine Park

6/22/2016
Akhirnya saya ke Taman Safari! Sedikit norak sih hahaha, jujur saya belum pernah blas ke taman safari. Kebun binatang paling sering ya Gembira Loka Zoo di Jogja. Cita-cita kecil dulu saya kepengin sekali mengunjungi taman safari karena bisikan sombong teman-teman saya yang pernah kesana. Kata mereka macan disana tidak dipagari, wow! (sambil mulut menganga). Kira-kira begitulah kala itu kekaguman dan ke-mupeng-an yang saya alami semasa kecil.


Dan akhirnya saya ke taman safari. Tapi bukan yang di Bogor ataupun Prigen, Jawa Timur. Justru, taman safari pertama saya adalah taman safari ketiga di Indonesia, yang bukan berada di pulau Jawa. Taman safari Indonesia 3 tersebut bernama resmi Bali Safari and Marine Park. Yup, taman safari ini berada di pulau Bali tepatnya di Kecamatan Gianyar, Bali.

Bali Safari and Marine Park

Taman safari di Bali sama dengan kedua taman safari yang lain. Dengan konsep kebun binatang yang hewannya dilepas bebas dan masing-masing hewan dibuat tempat sesuai dengan habitat aslinya. Yang berbeda dari Bali Safari and Marine Park adalah tempat ini menjadi penangkaran hewan endemik atau rawan punah di Indonesia dan beberapa negara asia tenggara. Selain itu konsep budaya Bali juga kental dalam desain lokasi Bali Safari and Marine Park ini.

Saat ke Bali Safari and Marine Park, kondisi sedang ramai-ramainya. Karena harus bergantian antri kendaraan yang bentuknya seperti kereta kelinci yang digunakan untuk berkeliling kebun binatang, membuat saya memilih untuk berkeliling sebentar di sekitar. Memang Bali Safari and Marine Park ini kental dengan nuansa Bali. Disetiap sudut ada ornamen Bali dan selalu diputar alunan musik yang khas Bali.

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Setelah menunggu akhirnya giliran saya menaiki kereta kelinci yang disebut safari tram ini. Kondisinya nyaman karena ber-AC dan tempat duduk yang leluasa. Kaca kendaraan ini cukup besar sehingga puas memandang binatang-binatang yang dilepas. Selain itu ada guide cantik yang sigap menjelaskan tiap hewan yang dilewati.

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Saya bisa memfoto hewan-hewan liar secara dekat. Tidak seperti kebun binatang biasa yang pagarnya jauh -jauh sekali. Satwa di Bali Safari and Marine Park ini berasal dari tiga wilayah, yakni Indonesia, India dan Afrika karena kondisi lingkungan yang hampir mirip.

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Bali Safari and Marine Park

Setelah berakhirnya tour safari trem, saya dan rombongan langsung menuju parkiran bus untuk melanjutkan perjalanan. Sebenarnya Bali Safari and Marine Park tidak hanya kebun binatang saja. Di dalamnya terdapat wahana permainan, restoran alam dan pertunjukan seni serta dari nama Marine Park di belakang saja sudah menunjukan di dalam taman safari ini terdapat taman air. Sayang saya tidak bisa mengunjungi, dan pasti akan seharian penuh jika bermain di Marine Park ini.

Harga tiket saat saya ke Bali Safari and Marine Park pada tahun 2011 adalah Rp135.000 per orang, untuk sekarang silahkan cek website balisafarimarinepark.com untuk mengetahui harga tiket terbaru dan  info wahana apa saja yang kini ada disana.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
28 November 2016 17.13 delete

Saya malah blom pernah masuk ke kebun binatang di bali ini. Maunya sih ajak anak pas usia sdh agak besar dikit hihihi

Reply
avatar