Destinasi Wajib di Bali, Tanah Lot

6/11/2016


Dalam sejarah Tanah Lot, dikisahkan Dang Hyang Nirartha, seorang penyebar agama Hindu dari pulau Jawa, melihat sinar suci dari arah laut selatan Bali, maka Dang Hyang Nirartha mencari lokasi dari sinar tersebut dan tibalah beliau di sebuah pantai di desa yang bernama desa Beraban, Tabanan. Pada saat itu desa Beraban dipimpin oleh Bendesa Beraban Sakti, yang sangat menentang ajaran dari Dang Hyang Nirartha dalam menyebarkan agama Hindu.

Kemudian Dang Hyang Nirartha melakukan meditasi diatas batu karang yang menyerupai bentuk burung beo yang pada awalnya berada di daratan. Dengan berbagai cara Bendesa Beraban ingin mengusir keberadaan Dang Hyang Nirartha dari tempat meditasinya. Nama Tanah Lot sendiri berdasarkan legenda Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang (tempat bermeditasinya) ke tengah pantai dengan kekuatan spiritual. Batu karang tersebut diberi nama Tanah Lot yang artinya batu karang yang berada di tengah lautan.



Beberapa tahun yang lalu saya berkesempatan berkunjung ke Tanah Lot. Tanah Lot ini menurut saya seperti kombinasi pantai Kukup dan pantai Siung yang berada di Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai dengan batu dan tebing karang serta bangunan yang menjorok ke laut. Biasanya, jika berlibur ke pulau Bali dengan bus, destinasi Tanah Lot adalah destinasi pertama yang wajib dikunjungi. Karena Tanah Lot termasuk obyek wisata yang berada di pulau Bali bagian barat.

Tetapi jika kita datang ke Bali menggunakan pesawat pun Tanah Lot bisa menjadi prioritas kunjungan. Jaraknya tidak terlalu jauh dari bandara. Kita bisa menyewa mobil di bandara Bali via Omocars lalu bermobil sekitar 1,5 jam ke Tanah Lot.


Saat saya kesana cuaca cukup bersahabat karena mendung. Menuju pura yang berada menjorok ke laut kita akan melewati pasar cinderamata yang memanjakan mata. Lalu pintu gerbang Tanah Lot adalah berupa gapura dengan dua patung raksasa yang menjaga. Di dekat gapura ada semacam bangunan yang mirip pendopo, penataan obyek wisata hampir sama dengan kebanyakan obyek wisata di Indonesia.


Sayangnya saat itu kebetulan ada Odalan, atau hari raya pura yang diperingati setiap 210 hari sekali. Kebanyakan pura di pulau Bali memiliki hari raya Odalan ini. Dan Odalan ini jatuhnya dekat dengan perayaan Galungan dan Kuningan. Karena kebetulan ada Odalan maka saya tidak bisa berkunjung ke Pura Tanah Lot tersebut karena digunakan untuk upacara. Baiklah, yuk kapan-kapan ke pulau Bali lagi.

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
18 April, 2017 20:03 delete

Wow. Tanah Lot memang jadi primadona sih pak. kalau malang kira2 sama dengan balekambang kali ya. kalau mau liburan ke malang jangan lupa pake Travel Malang-Kediri PP ya pak. hihihi

Reply
avatar
05 Mei, 2017 21:35 delete

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai pariwisata di indonesia
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
seputar indonesia

Reply
avatar
23 Desember, 2017 23:32 delete

yuk yang mau ke Bali,
silahkan memakai jasa kami, Travel Jember Bali

Reply
avatar
11 Juli, 2018 20:50 delete

jangan lupa juga mampir di kota malang. rekom terbaik travel di kota malang travel malang semarang

Reply
avatar
08 Mei, 2021 10:29 delete

Jalan-Jalan ke Bali selama Pandemi Covid-19 lebih Sehat, Aman, dan Hemat dengan menggunakan Mobil Rental Setir Sendiri! Kami, CV Bali Access Car Rental - "Jasa Sewa Mobil Rental Murah di Bali " menawarkan beragam mobil rental berkualitas di Bali, bisa lepas kunci atau dengan jasa Supir. Tersedia mobil matic dan Manual. Gratis hantar mobil ke Airport maupun Hotel di Bali. Mobil Bersih dan bebas Virus COVID-19 (Desinfectant Kabin Mobil). Harga sewa mobil murah kompetitif. Proses booking mudah lewat Aplikasi Mobile , Proses +/- 30 Min, Gratis hantar dan Jemput Mobil, Mobil diterima ditempat!

Reply
avatar
31 Mei, 2021 21:05 delete

Menikmati sebuah kenyamanan Sewa mobil mewah bukan hanya didapat dengan membelinya. Ditambah lagi, jika mobil itu tidak sering dipakai. Jangan beli, Anda dapat memanfaatkan layanan yang sekarang dapat ditemukan dengan gampang di Indonesia terutamanya di kota Surabaya.

Reply
avatar
02 Oktober, 2021 23:01 delete

Tanah Lot merupakan salah satu lokasi wisata yang ada di Bali. Yang satu ini menawarkan indahnya pantai dengan batu karang yang berukuran besar dan berjumlah cukup banyak. Banyak orang yang datang ke pantai untuk menyaksikan indahnya pantai di Tanah Lot. Selain itu di kawasan ini terdapat bangunan khas Bali yang dapat dijadikan latar foto. Menyaksikan indahnya pantai tanah lot juga bisa dari atas batu karang yang berada di tepi pantai Namun hati-hati karena tingginya batu karang tersebut travel Semarang Jakarta

Reply
avatar
25 November, 2021 16:21 delete

Bali punya segudang wisata indah tanpa terkecuali soal pantai. Bagi yang mau ke Bali pastikan tidak ketinggalan untuk mengunjungi Tanah Lot. Sajian pantainya keren, bisa buat jalan asik bersama teman atau keluarga travel Jogja Semarang

Reply
avatar
30 November, 2021 10:10 delete

Pantai memang menarik dengan sajian ombak dan pasir. Banyak orang yang suka dengan wisata pantai, jadi wajar kalau pantai kerap ramai. sedot WC Gresik

Reply
avatar
09 Desember, 2021 17:43 delete

Bali memang menawarkan sejumlah destinasi wisata yang menarik termasuk salah satunya adalah Tanah Lot. Tempat wisata yang satu ini menawarkan pantai yang indah di mana bisa Menikmati keindahan pantai secara langsung di area ini. Kawasan wisata pantai ini tidak menawarkan pasir melainkan adanya batu-batu yang berada di tepian pantai oleh karena itu pengunjung hanya bisa berjalan di sekitar pantai tersebut. Menariknya di kawasan wisata pantai ini ada bongkahan-bongkahan batu karang yang berada di sekitar pantai yang menambah keunikan tersendiri. Wisata pantai di sini bersih dan indah sehingga masyarakat bisa mengambil gambar dengan latar belakang pantai di kawasan ini. Tak salah apabila masyarakat yang berwisata ke Bali bisa mampir di Tanah Lot travel Lampung Palembang

Reply
avatar
27 Desember, 2021 15:27 delete

Bali memang menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik termasuk salah satunya adalah Tanah Lot ini. Berkunjung ke Tanah Lot bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi karena Data yang satu ini menawarkan pantai yang elok. Berbeda dengan pantai di tempat lain sama kawasan pantai tempat ini dipenuhi dengan batu-batu Karang. Bebatuan yang ada di sana berjumlah cukup banyak dan berukuran bervariatif mulai dari yang kecil hingga berukuran besar. Selain bisa dinikmati dari tepian, pengunjung juga bisa berjalan mendekat ke area pantai bahkan merasakan ombak yang ada di sana. Kawasan ini pun ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai tempat. Oleh karena itu sayang untuk dilewatkan apabila ke Bali tidak datang ke Tanah Lot travel Semarang Malang

Reply
avatar

Add your comment EmoticonEmoticon