Mencari Arca Ganesha di Tengah Hutan Dawangsari

6/19/2016
Tahu tidak, tahun 2013 saya pernah berjalan kaki dari Candi Barong sampai Sumberwatu Heritage Resort. Di tengah panasnya terik siang. Saya dan beberapa rombongan yang baru saja menyusuri Candi Barong terpaksa mengikuti keinginan panitia acara untuk mencari sebuah peninggalan yang berwujud Arca Ganesha.


Arca Ganesha ini tepatnya berada di wilayah dusun Dawangsari yang sebagian wilayahnya masih berupa hutan. Lokasinya kira-kira ya antara Candi Barong sampai Sumberwatu Heritage Resort. Walaupun memang beberapa warga sudah babat alas karena sebagian hutan juga difungsikan sebagai perkebunan oleh warganya.



Jalan menanjak harus saya lalui. Untuk saja hampir mendekati lokasi Arca Ganesha ini penuh dengan rimbunan pohon. Ada juga beberapa rumah warga saya temui. Warganya saat itu sedang gotong royong karena hari itu adalah hari minggu. Mungkin mereka heran ya melihat kami yang ramai-ramai berjalan di tempat yang nanjak seperti dusun mereka. 


Saat sampai di sebuah turunan akhirnya saya mulai masuk ke dalam hutan. Melewati rimbunan pohon. Suasana pasti agak singup. Hati-hati juga dalam melangkah karena jalan hanya setapak siapa tahu kita salah injak. Hanya kurang dari 5 menit saya sampai juga di Arca Ganesha ini.

Arca Ganesha ini hanya dipagari oleh kawat yang sepertinya sudah lama. Kondisinya sudah rusak pada bagian kepala dan pundak. Yang masih terlihat hanya kaki yang bersila dan bagian perut yang menunjukan kebesaran sang Ganesha. Kondisinya yang berada di tengah hutan Dawangsari ini masih menyimpan misteri. Tidak ada papan penjelasan sejarah dari arca ini.

Sang Arca Ganesha
Ganesha adalah salah satu dewa terkenal dalam agama Hindu dan banyak dipuja oleh umat Hindu. Ganesha memiliki gelar sebagai Dewa Pengetahuan atau Kecerdasan, Dewa Pelindung, Dewa Penolak Bala, dan  Dewa Kebijaksanaan. Ganesha sering digambarkan berkepala gajah yang membuatnya mudah untuk dikenali, berlengan empat, dan berbadan gemuk.
Karena tempat yang sempit, kami bergantian untuk memfoto arca ini. Saya tidak ingin berlama-lama di arca ini. Sudah cukup lelah kaki saya ini apalagi siang semakin panas.

Perlu untuk pemugaran dan pembuatan akses jalan menuju Arca Ganesha ini karena sayang jika terabaikan. Di tempat Arca Ganesha ini, kita bisa melihat pemandangan candi Prambanan dari kejauhan karena lokasi masih termasuk di ketinggian. Oh iya lokasinya juga dekat dengan Spot Riyadi yang lagi booming saat ini.


Akhirnya......istirahat...
Beberapa masih terlihat akan memasuki hutan menuju arca saya langsung turun. Untung saja jalan menurun. Dan dari kejauhan Sumberwatu Heritage Resort tempat kami istirahat terlihat. Alhamdulillah, istirahat. Ingin mengunjungi Arca Ganesha ini? Jika bingung coba cek peta yang saya sematkan dibawah ini ya.

Share this

Seorang Travel Blogger yang sehari-hari bekerja sebagai karyawan di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta. Hobi jalan-jalan di akhir pekan, makan-makan enak dan terkadang olahraga bersepeda agar hidup seimbang.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
20 Juni 2016 12.41 delete

Sekarang pagarnya sudah lebih bagus.

Reply
avatar