Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

12/03/2018
Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Perkara cetak mencetak adalah hal yang susah-susah gampang. Di Yogyakarta, bisa dibilang usaha percetakan sangat menjamur. Namun justru susahnya adalah, tidak banyak percetakan yang memiliki standar kepuasan yang mampu memikat hati konsumen. Khususnya bagi konsumen yang baru mencoba untuk mencetak sesuatu.

Masalah paling klasik dari beberapa percetakan di Yogyakarta adalah apabila kita datang sebagai konsumen baru biasanya kurang begitu terlayani dengan baik. Entah hasil cetakan yang kurang baik, terlambat cetak dan harga yang mahal. Berbeda jika kita datang sebagai "konsumen tetap".

Tentu saja untuk menjadi konsumen tetap suatu percetakan membutuhkan proses dan pencarian yang panjang. Kebetulan memang saya bekerja di institusi pendidikan sehingga saya merasakan bagaimana mencoba datang sendiri ke percetakan dan membandingkannya dengan datang membawa nama institusi, pelayanan keduanya bagai langit dan bumi.

Blogger Memang Mencetak Apa?


Sebagai seorang blogger, tentu saja pasti suatu saat akan membutuhkan jasa percetakan. Blogger memang mencetak apa? Banyak dong, misalnya saja buku yang berisi kumpulan tulisan di blog, souvenir cetak seperti stiker, kartu pos dan pembatas buku serta kartu nama. Untuk kartu nama ini adalah sesuatu yang paling wajib blogger miliki sebagai tanda profesionalitas.

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Kartu nama penting untuk berbagi informasi kontak saat kita bertemu dengan orang-orang baru yang belum mengenal kita. Di kartu nama seorang blogger biasanya akan tertera alamat blog, alamat email dan kontak person.

Kartu nama juga menjadikan kesan positif bagi klien yang menggunakan jasa kita. Dengan kartu nama, setidaknya profesi kita sebagai blogger jelas adanya. Tidak sekedar hanya meramaikan suatu event saja. Kartu nama adalah bentuk jaminan tanggungjawab profesionalitas.

Perkenalkan, Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Saya memutuskan untuk lebih memilih cetak kartu nama secara online dengan berbagai alasan. Pertama, biayanya hampir sama saja dengan cetak secara offline dan saya menemukan banyak sekali promo yang diberikan oleh beberapa percetakan online. Saya menjadi lebih mudah untuk membandingkan harga karena semua biaya cetak tertera jelas di situs web mereka.

Kedua, saya bisa dengan leluasa menginput desain yang ingin dicetak. Biasanya kalau di percetakan offline, saya selalu terburu-buru karena ditunggu oleh antrian selanjutnya. Nilai lebih yang lain, beberapa percetakan online menyediakan template yang bisa digunakan secara gratis. Kita bisa mengatur secara leluasa desain yang kita inginkan.

Ketiga, dengan mencetak secara online kita tidak akan buang-buang tenaga dan waktu yang sia-sia. Cukup duduk di depan komputer, buka situs web percetakan online, order, bayar dan selesai. Jaman sekarang itu harus praktis bung!

Dengan ketiga alasan diatas, saya menemukan sebuah percetakan online yang sanggup memenuhi ekspetasi saya. Namanya adalah GOGOPRINT.

Gogoprint ini adalah startup percetakan online asal Thailand. Pada tahun 2018 ini, Gogoprint melebarkan wilayah layanannya ke Indonesia. Di Gogoprint, konsumen bisa menggunakan jasa pencetakan untuk beraneka ragam kebutuhan, seperti kartu nama, brosur, dan lain-lain, yang bisa diakses melalui situs web https://www.gogoprint.co.id/.

Mudahnya Mencetak Kartu Nama di Gogoprint

Mencetak kartu nama di Gogoprint sangatlah mudah, pertama tentu saja buka situs web Gogoprint. Kemudian membuat akun untuk memudahkan pesananmu.

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Setelah proses Buat Akun, isikan Informasi Akun, Buku Alamat dan atur pengaturan lain yang diinginkan seperti SMS Notifikasi. SMS Notifikasi ini seperti pengganti cek resi. Kita akan dikirimi keterangan pesanan seperti sedang packing, sedang dikirim, pesanan sampai dan lain sebagainya.

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Langkah selanjutnya adalah memilih produk yang ingin kita cetak. Gogoprint ini sudah mencakup hampir semua kebutuhan cetak-mencetak mulai dari Kartu Nama sampai dengan Alas Piring.

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Karena saya ingin mencetak kartu nama, maka langsung saja saya pilih opsi cetak Kartu Nama yang ada di tampilan situs web Gogoprint. Setelah memilih ingin mencetak apa, kalian akan kembali diberi opsi untuk memilih Upload Desain Anda sendiri atau Liat Template Kami (template milik Gogoprint). Saya lebih memilih template yang sudah disediakan oleh Gogoprint. Template kartu nama Gogoprint pilihannya lumayan banyak, dan kita tidak dikenakan biaya desain untuk menggunakannya.

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Setelah memilih template, saatnya mengganti kata-kata dan gambar default yang ada. Saya memilih template dua sisi dengan satu sisinya adalah gambar penuh.

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Nah kalau sudah submit desain kartu nama milik kita. Maka kemudian kita akan masuk halaman harga. Di sidebar kiri halaman tersebut adalah kuantitas atau jumlah cetakan yang kita inginkan. Dan di bagian Harga Cetak tertera jumlah yang harus kita bayarkan. Gogoprint ini unik, pesanan konsumen secara sistematis akan dikategorikan berdasarkan biaya termurah dan waktu penerimaan. Semakin lama waktu yang kita pilih untuk menerima pesanan, maka biaya semakin murah.

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Gogoprint ini unik, pesanan konsumen secara sistematis akan dikategorikan berdasarkan biaya termurah dan waktu penerimaan.
Selain biaya dan waktu penerimaan, kita juga dapat mengatur finishing sebagai opsi tambahan seperti laminasi, potongan sudut dan lain sebagainya.

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Setelah semua selesai, langkah selanjutnya adalah melanjutkan ke pembayaran. Untuk sementara hanya tersedia pembayaran melalui transfer bank saja. Setelah pesanan dan transfer biaya cetak kita diterima, maka akan masuk proses produksi yang statusnya dapat kita lihat di dashboard akun milik kita. Termasuk status saat hasil cetak siap dikirimkan, kita akan diberi notifikasi Nomor Resi baik melalui email, dashboard akun dan SMS Notifikasi. Lengkap!

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Pesanan Saya Akhirnya Datang Juga!

Saya sengaja memilih waktu penerimaan paling lama agar mendapatkan harga cetak paling murah. Waktu penerimaan paling lama pun sebenarnya tidak lama-lama banget, hanya 8 (delapan) hari terhitung sejak pesanan saya buat. Dan, saya acungkan jempol untuk Gogoprint yang tepat waktu mengirimkan pesanan saya. Inilah kartu nama pesanan saya yang dicetak melalui Gogoprint:

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Gogoprint: Cara Praktis Cetak Online

Walaupun saya memilih kualitas standar tanpa finishing namun kualitas cetakan Gogoprint tetap baik. Warna cetakan tetap sama seperti foto yang saya unggah. Kertas cetakan bisa dibilang bagus dan tebal. Kesimpulannya saya puas mencetak secara online di Gogoprint. Sangat praktis dan menghemat waktu saya.

Tabik.

Share this

Content Creator, Fujifilm X-Series Enthusiast, Founder @nyetritbareng Indonesia, Iseng Motret di @purapurangopi

Related Posts

Previous
Next Post »