Tips Merencanakan Traveling Ke Luar Negeri - Ardian Kusuma

A blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Thursday, November 29, 2018

Tips Merencanakan Traveling Ke Luar Negeri

Tips Merencanakan Traveling Ke Luar Negeri
sumber foto: pixabay

Indonesia memang indah, banyak destinasi menawan. Namun, siapa yang tak ingin menjajal untuk traveling ke luar negeri, -membandingkan segala suasana nusantara dengan negara berbeda. Begitupun dengan saya. Saya sendiri sudah berniat untuk traveling ke luar negeri pada akhir tahun ini.

Segala persiapan saya siapkan dengan maksimal. Kalau hanya dipikirkan. Menyediakan apa yang perlu disediakan untuk traveling ke luar negeri memang ribet. Tetapi ternyata saya salah. Keribetan yang saya pikirkan ternyata tidak ada, berikut bagaimana cara saya merencanakan traveling ke luar negeri:

1. Menyiapkan Budget

Budget adalah hal paling penting. Jangan sampai kehabisan uang saat di luar negeri. Untuk itu menabung menyisihkan uang untuk traveling itu sangat penting sekali. Saya menyiapkan budget untuk traveling ke luar negeri dengan jumlah total 2x estimasi pengeluaran selama traveling. Namun, walaupun budget yang disiapkan memadai. Jangan sampai terlena, pikirkan juga untuk menghemat dan kalau bisa pengeluaran lebih rendah dari estimasi.

2. Buat Itinerary Yang Terjadwal

Itinerary yang terjadwal sangat penting untuk memanajemen traveling kita. Bagi saya yang belum berpengalaman traveling, mengikuti jadwal sangat penting sekali. Membuat itinerary sangatlah mudah. Sering-sering melihat itinerary dari penyedia jasa tour and travel ke negara tujuan. Atau baca artikel travel blogger yang menjamur di dunia maya. Setelah mengintip itinerary tour and travel serta travel blogger, saya biasanya membandingkan budget yang diperlukan. Tak lupa memikirkan lama waktu terbaik untuk berada di destinasi wisata tersebut. Agar traveling dapat terlaksana secara maksimal.

3. Buat Paspor Segera

Walaupun budget dan itinerary sedang dalam proses pengumpulan dan pencarian namun jangan sampai menunda-nunda membuat Paspor. Paspor ibarat KTP, sangat wajib dimiliki. Saya beberapa bulan yang lalu mencuri-curi waktu kantor untuk membuat Paspor. Menurut kuota di aplikasi antrian Paspor online, waktu terbaik untuk membuat paspor adalah pertengahan weekdays. Kalau kamu berdomisili di ibukota Jakarta, Paspor terbaik adalah e-paspor yang kedudukan Paspornya lebih kuat di mata puluhan negara di dunia. Karena saya berdomisili di Yogyakarta, saya hanya bisa membuat Paspor biasa saja dan untuk beberapa negara wajib menggunakan visa apabila hanya memiliki Paspor biasa. Sehingga apa boleh buat, saya wajib membuat visa apabila diperlukan.

4. Cicil Tukar Mata Uang

Budget terpenuhi, itinerary oke, paspor siap, maka tips selanjutnya adalah cicil tukar mata uang rupiah dengan negara tujuan. Kabarnya lebih baik menukar mata uang saat di Indonesia saja. Agar dapat uangnya lebih banyak, sering-seringlah melihat tabel pertukaran mata uang di money changer. Uang yang kita tukar harus lebih banyak daripada estimasi biaya hidup selama traveling. Kalau sisa kita bisa menukarnya kembali di Indonesia.

5. Asuransi Selama Traveling

Biar hati tenang dari resiko apapun saat traveling ke luar nperti AXA, AXA Mandiri, Simas Net, Adira, Lippo, MNC, Tokio Marine, Malacca dan legeri, kita wajib memiliki asuransi. Banyak asuransi perjalanan yang dapat dipilih seain sebagainya. Sebelum memilih asuransi, sesuaikan asuransi dengan negara tujuan kita. Misalkan kita merencanakan ke Eropa maka asuransi perjalanan visa Schengen yang wajib kita cari.

Khusus untuk asuransi, tidak perlu pusing atau risau untuk memilih asuransi yang tepat. Di Indonesia sudah ada situs online Futuready yang merupakan supermarket asuransi online. Kabar baiknya Futuready ini sudah berlisensi OJK sehingga kita dapat jaminan transaksi keuangan aman dilakukan di situs Futuready dan asuransi yang kita pilih di sana. 

Berbagai macam produk dan provider asuransi di Futuready tentu saja sangat membantu menyempurnakan traveling dengan jaminan keamanan. Sesuaikan asuransi yang pas. Kalau saya sih, asuransi kesehatan selama traveling itu yang wajib disiapkan.

Demikianlah tips merencanakan traveling ke luar negeri versi saya. Kalau versi kamu bagaimana?

2 Comments

Emang banyak banget ya yang mesti disiapkan bila hendak ke luar negeri. Yang paling susah menurut saya, budget :)

Persiapan tabungan dulu mas hehhee.. Paspor udh ada, tapi expired itu sedih bgt hehehe.

Padahal pengen nulis di blog www.ipung.net perjalanan travelling luar negeri hehehhe

Add your comment
EmoticonEmoticon