Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta - Ardian Kusuma

A blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Monday, November 26, 2018

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Garut, sebagai kiblat kuliner selalu menawarkan hal baru. Mulai dari kuliner manis, gurih hingga pedas. Itulah yang membuat Garut selalu menjadi primadona kuliner dan oleh-oleh sejak dulu.

Beberapa waktu lalu saya mencoba kuliner asli Garut di kota saya, Yogyakarta. Kuliner asal Garut yang saya coba ini bercitarasa gurih-pedas. Gaung kuliner yang saya coba ini beberapa tahun belakangan memang sedang naik daun.

Seblak adalah nama kuliner asli Garut yang saya coba tersebut. Ini adalah pengalaman pertama saya mencicipi seblak. Kebetulan, nama kedai kuliner seblak pertama yang saya coba adalah Seblak Asgar, singkatan dari Asli Garut. Seblak Asgar ini punya beberapa cabang di sudut kota Yogyakarta. Saya sendiri mencoba outlet Seblak Asgar di bilangan Seturan karena paling direkomendasikan untuk urusan kenyamanan.

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Benar saja, outlet Seblak Asgar Seturan sangat memanjakan para tamunya. Ruangan outlet Seblak Asgar Seturan dibagi menjadi 2 (dua) yakni indoor dan outdoor. Untuk bagian indoor tentu saja menggunakan pendingin ruangan yang nyaman. Dengan senang hati saya memilih untuk duduk di ruangan indoor Seblak Asgar Seturan tersebut.

Outlet Seblak Asgar Seturan juga menjadi salah satu dari 2 (dua) outlet Seblak Asgar yang menyediakan menu Mukbang. Menu Mukbang ini adalah menu yang saya jajal ramai-ramai bersama teman. Karena porsinya yang dapat dinikmati sampai dengan 4 orang dan harganya yang terjangkau hanya Rp80.000,- saja.

Sekilas tentang Seblak Asgar

Seblak "Asli Garut" Asgar ini didirikan oleh Rinaldy Anantadira pada tahun 2014 di Yogyakarta. Awalnya, Seblak Asgar bernama Dapur Seblak. Produk Seblak Asgar memiliki ciri khas kuah pedas dengan rempah pilihan yang diberi nama kuah Jeletot. Per-level pedasnya setara 6 (enam) cabe rawit segar. Ada 5 level pedas yang bisa kamu coba.

Hampir 4 tahun lamanya perjalanan Seblak Asgar di blantika kuliner Jogja. Seblak Asgar masih bertahan dari ganasnya industri kuliner Yogyakarta. Hingga tahun 2018 ini Seblak Asgar telah memiliki 6 outlet di Jogja dan 1 outlet di Solo. Kabarnya, Jabodetabek akan menjadi daerah selanjutnya outlet Seblak Asgar berada. Dibawah ini adalah outlet Seblak Asgar yang bisa kamu datangi untuk mencicipi gurih-pedasnya kuah Jeletot khas Seblak Asgar:

Outlet Seblak Asgar Jogja
1. Outlet Pusat, Jalan Lowanu
2. Outlet Lippo Plaza Jogja, Foodcourt My Kitchen lantai 1
3. Outlet Lippo Plaza Jogja, Sevensky lantai P7
4. Outlet Hartono Mall, Merapi View lantai 2
5. Outlet Jogja City Mall, Foodcourt Eatventure lantai 2
6. Outlet Seturan, Jalan Perumnas

Outlet Seblak Asgar Solo
1. Outlet Solo Grand Mall, lantai 3

Uniknya Seblak Asgar

Seblak Asgar beda dengan lainnya karena memiliki keunikan tersendiri. Keunikan yang paling kentara adalah pilihan item menu yang sangat beragam, beda dengan kedai seblak lain yang hanya menyediakan item menu standar saja.

Ada 17 item menu di Seblak Asgar yang dapat dipilih. Mulai dari item menu standar seblak seperti kerupuk, kwetiau, mie kuning dan makaroni serta item menu yang lain daripada yang lain seperti mie udon, dumpling cheese, crab stick, tofu fish cake, chickuwa dan lain-lain.

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Semua item menu yang dapat dipilih tersebut masih ditambah 5 (lima) pilihan toping yang bisa ditambahkan. Ke-5 toping tersebut adalah kikil, bakso, telur, sosis dan batagor kering.

Cara memesan menu di kedai Seblak Asgar pun unik. Tamu diminta memilih level kepedasan terlebih dahulu yang dimulai dari level 1 hingga 5. Ingat, per-level pedas setara dengan 6 (enam) cabe rawit sehingga pikirkan baik-baik level pedasnya.

Setelah memilih level pedas kita akan diminta untuk memilih item menu. Ada minimal item menu setiap levelnya. Untuk level 1 kita wajib memilih minimal 3 item menu, untuk level 2 kita wajib memilih minimal 4 item menu, begitu seterusnya sampai level 5 yang wajib minimal memilih 7 item menu. Untuk toping sendiri tidak termasuk item menu. Kita boleh menambahkan sesuka hati sesuai selera.

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta, Daftar Menu Seblak Asgar Yogyakarta
Daftar Menu Seblak Asgar Yogyakarta

Apabila bingung dengan cara pemesanan diatas. Kamu bisa memilih menu paket. Ada 5 (lima) menu paket yang ditawarkan dengan harga mulai Rp15.000,- saja dengan pilihan pedas maksimal level 3 (tiga). Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencoba Seblak Asgar yang memiliki banyak varian item menu tersebut.

Untuk paket yang lebih hemat, ada paket Seblak Mukbang yang dapat memilih 8 (delapan) item menu, 4 (empat) toping dan masih bonus 4 (empat) es teh manis. Rekomendasi saya apabila kamu datang ke Seblak Asgar bertiga atau berempat, pilihlah menu paket Seblak Mukbang ini karena harga paketnya sangat terjangkau hanya Rp80.000,- saja.

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta, Daftar Menu Seblak Asgar Yogyakarta
Menu Mukbang Seblak Asgar Yogyakarta

Namun, menu paket Seblak Mukbang ini hanya ada di 2 (dua) outlet Seblak Asgar saja. Pertama ada di outlet Seblak Asgar Seturan dan yang kedua di outlet Seblak Asgar Jogja City Mall. Yang jelas kedua outlet tersebut berada di lokasi strategis dan nyaman untuk dikunjungi.

Lalu bagaimana dengan yang tidak doyan pedas namun ingin mencoba seblak? Inilah keunikan lain dari kedai Seblak Asgar. Di kedai Seblak Asgar apabila ada temanmu yang tidak suka pedas dapat mencoba seblak level 0. Memang tidak ada di tabel menu namun level 0 ini dapat kamu pesan. Level 0 sebenarnya hanya memisahkan kuah Jeletot. Jadi kuah Jeletot akan disajikan di mangkuk tersendiri, kamu dapat merasakan kuah Jeletot dengan porsi sesukamu.

Mencoba Gurih-Pedasnya Seblak Asgar

Walaupun per-levelnya setara 6 (enam) cabe rawit segar, saya katakan bahwa Seblak Asgar tidak hanya modal asal pedas saja. Ini saya buktikan saat saya dan beberapa teman memesan menu paket Seblak Mukbang level 4 (empat).

Bisa dibayangkan, saya memilih seblak dengan level kepedasan setara 24 cabe rawit segar. Teman saya memesan paket tersebut memang tipe yang tidak kompromi soal pedas. Namun bagi saya, terlalu pedas adalah momok. Saya sendiri sempat kecut membayangkan harus menyantap hidangan Seblak Asgar level 4 (empat) tersebut.

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta
Menu Paket Mukbang Seblak Asgar Yogyakarta

Setelah mencoba menyantap sedikit demi sedikit, pikiran saya tentang "asal pedas" Seblak Asgar terbantahkan. Walaupun memang sangat pedas di level 4 (empat), namun saya masih bisa merasakan rasa gurih di kuah Seblak Asgar. Saya acungi jempol untuk peracik kuah Jeletot Seblak Asgar.

Pikiran lain saya tentang seblak yang hanya seperti mie instan juga terbantahkan. Ada rasa dan sensasi beda saat merasakan seblak khususnya Seblak Asgar. Kuah Jeletot tidak terasa seperti bumbu instan. Entah racikan rahasia apa yang ada di kuah Jeletot. Rasanya begitu beda dengan bumbu instan yang biasa saya santap.

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Seblak Asgar: Sensasi Pedas Kuliner Garut di Yogyakarta

Pun dengan item menu di Seblak Asgar. Pemilihan item menu sangat juicy di lidah. Saya yakin manajemen Seblak Asgar memilih produk item menu yang berkualitas. Saya paling suka item menu yang kenyal seperti mie udon, crab stick dan chickuwa. 

Adanya toping juga menambah kenikmatan. Minimal, saat memesan seblak di kedai Seblak Asgar kamu wajib mencoba menambah toping. Rekomendasi saya adalah kikil dan telur. Kikilnya kenyal dan tidak amis. Dan telurnya gurih karena di rebus dengan kematangan yang pas.

***

Sebagai salah satu kedai seblak terbaik di Yogyakarta, kedai Seblak Asgar menunjukan inovasinya dengan berbagai macam pilihan item menu dan paket. Percayalah, kamu akan menikmati sajian seblak terbaik di kota pelajar ini.

Tabik.

Follow Sosial Media Seblak Asgar Yogyakarta
Instagram - @seblakasgar_yogya

Lokasi Seblak Asgar Seturan

9 Comments

Jam sebelas siang ke sana sudah ramai yang beli. Level pedasnya pun pada milih yang tinggi hahahahahha. Tetap menurutku pas aku makan kemarin pedasnya pas. Besok mau coba level lebih tinggi pedasnya :-D

cocok nih tinggal lompat dari Aegis

Pengin juga tapi nggak ada rombongan yg mau diajak

loh,, aku baru tau kalau seblak itu aslinya kuliner garut. selama ini taunya sih seblak itu dari bandung ehehheee,,,, tapi sekedar tau doang, belum pernah nyobain karena di medan belum ada.
Seblak Asgar buka outlet di Medan dooong..!

sekarang memang lg musim kuliner seblak ya

Mantul bener kang. Saya pernah nyicipi level 4 jg di hartono mall. Huh-hah tenan kang....

Aku nyobain Seblak Asgar ini level 1 aja wes nangis coba. Aku nggak doyan pedes, cuma kusaringin gitu biar kuahnya nggak serta kemaem :p

Add your comment
EmoticonEmoticon