5 Rekomendasi Wisata di Kota Semarang

7/22/2019
5 Rekomendasi Wisata di Kota Semarang

Kota Semarang mungkin bukan tujuan utama orang untuk berwisata. Kota Semarang sebenarnya memang bukan kota wisata namun lebih ke kota industri dimana disana terdapat pelabuhan sehingga banyak pabrik-pabrik industri serta perkantoran. Kalau saya boleh menyebut, Kota Semarang adalah little Jakarta

Walaupun mirip Kota Metropolitan, Kota Semarang tetap memiliki beberapa destinasi yang layak untuk dikunjungi. Kebanyakan memang berada di pusat kota. Kota Semarang lebih menawarkan daya tarik wisata heritage kolonial yang akan mengembalikan nostalgia kemegahan bangunan-bangunannya. Di Kota Semarang yang juga multi-kultural juga banyak terdapat bangunan-bangunan keagamaan yang menjadi daya tarik.

Ini menjadikan Kota Semarang sangat berwarna hingga merasuk ke dalam kehidupan masyarakatnya. Salah satu hasil kulturasi adalah berbagai macam kuliner yang lezat dan nikmat. Nah, jika kamu ingin ke Semarang saya merekomendasikan 5 tempat menarik untuk dikunjungi. Semua tempat ada di Kota Semarang.

1. GPIB Immanuel Semarang

Gereja ini adalah gereja tertua di Jawa Tengah. Belanda membangun gereja ini pada tahun 1753. Artinya gereja ini sudah berumur lebih dari 250 tahun. Gereja ini unik karena gereja ini memiliki desain yang oktagonal. Kubahnya besar, dilapisi perunggu, dan di dalamnya terdapat sebuah orgel Barok. Arsitektur di dalamnya banyak yang berasal dari Yunani.

Masyarakat sekitar menyebut gereja ini dengan nama Gereja Blenduk, merujuk pada kubahnya yang mblenduk atau besar. Gereja masih dipakai setiap hari minggu. Di tempat ini biasa di pakai untuk keperluan fotografi karena arsitekturnya yang masih terjaga dengan baik.

2. Kawasan Simpang Lima

Kawasan Simpang Lima adalah pusat Kota Semarang. Ir. Sukarno, presiden pertama Republik Indonesia menyebut kawasan ini sebagai Lapangan Pancasila, merujuk kepada pertemuan lima jalan yang berada disana. 

Sebagai pusat kota, di sekitar Kawasan Simpang Lima terdapat berbagai hotel, perkantoran dan pusat pemerintahan. Jika mencari kuliner atau atraksi, di Kawasan Simpang Lima inilah destinasi yang tepat karena di sekitar kawasan ini terdapat banyak warung kuliner khas Kota Semarang yang memanjakan lidah. Di waktu-waktu tertentu juga di adakan kegiatan seni di kawasan ini. Puncak keramaian biasanya saat HUT Kota Semarang dan pergantian malam tahun baru.

5 Rekomendasi Wisata di Kota Semarang

3. Pagoda Avalokitesvara

Sebelum masuk Kota Semarang, kita akan disambut oleh bangunan Pagoda yang menjulang tinggi. Pagoda tersebut bernama Pagoda Avalokitesvara. Pagoda ini memiliki tinggi 45 meter dengan 7 tingkatan bangunan. Pada bangunan Pagoda tersebut terdapat berbagai ukiran rumit yang menarik. 

Pagoda ini bisa menjadi pilihan pertama berwisata saat pertama sampai di Kota Semarang jika kamu datang dari selatan. Walaupun masih masuk wilayah Kota Semarang, lokasi Pagoda ini berada di wilayah paling selatan. 

4. Lawang Sewu

Destinasi ini mungkin sudah sangat mainstream. Namun belum ke Kota Semarang kalau belum ke Lawang Sewu. Gedung ini, dahulu yang merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda yang dahulu disebut Wilhelminaplein.

Masyarakat menyebutnya dengan Lawang Sewu karena terdapat pintu dan jendela yang jumlahnya banyak. Walaupun sebenarnya tidak pasti berjumlah 1000 (sewu) namun tipikal orang Jawa sering melebih-lebihkan suatu penamaan.

Bangunan Lawang Sewu sebenarnya pernah digunakan pula untuk kantor Kereta Api Indonesia setelah masa kemerdekaan. Namun perkembangan jaman akhirnya bangunan ini ditetapkan sebagai cagar budaya heritage.

Ada banyak isu yang berkembang bangunan ini begitu angker sehingga sering pula digunakan sebagai tempat mengadu nyali. Namun di luar itu semua Lawang Sewu memiliki keindahan arsitektur yang menarik sehingga banyak orang menggunakannya untuk kegiatan berfoto baik di luar maupun di dalam bangunan Lawang Sewu.

5. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid ini adalah masjid terbesar di Jawa Tengah. Arsitekturnya mengadopsi bangunan pendopo Jawa yang dikombinasikan dengan arsitektur Arab. Masjid ini memiliki payung yang bisa mengembang sama seperti Masjid Nabawi. Suasaa di luar maupun dalam masjid ini sangatlah megah. 

Saya sendiri menikmati suasana di berbagai sudut masjid. Walaupun tempat ini adalah tempat ibadah, namun banyak pula wisatawan yang datang untuk mengabadikan keindahan masjid ini. Menikmati senja adalah waktu yang tepat berada di masjid ini.

Nah, diatas adalah 5 rekomendasi wisata di Kota Semarang versi saya. Ingin menjelajahi Kota Semarang? Tak cukup sepertinya sehari di kota industri ini. Saya menyarankan untuk mencari penginapan yang tepat. Sebagai versi kecilnya Jakarta, Kota Semarang tentu terdapat banyak hotel dan penginapan yang beragam. 

Nah, bila ingin berbeda. Cobalah untuk menginap di apartemen. Di Kota Semarang banyak apartemen yang bisa di sewa bersama keluarga. Bingung? Cobalah tautan berikut ini 

Di Kota Semarang terdapat 38 apartemen yang siap kamu pilih melalui Traveloka untuk memuaskan liburan wisatamu di Kota Semarang!

Share this

Content Creator, Fujifilm X-Series Enthusiast, Founder @nyetritbareng Indonesia, Iseng Motret di @purapurangopi

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
22 Juli 2019 16.12 delete

Aku belum kesampaian main ke Pagoda dan Masjid Raya-nya mas. Mesti banget balik lagi ke Semarang hehe :)

Sekalian kulineran haha.

Reply
avatar
22 Juli 2019 17.01 delete

Kok aku merasa asing dengan Pagoda Avalokitesvara, sepertinya Kuil Sam Poo Kong malah jauh lebih tenar

Reply
avatar