Homi Coffee and Space, Konsep Bekerja Senyaman di Rumah

7/23/2019
Homi Coffee and Space, Konsep Bekerja Senyaman di Rumah
Foto milik @aqied
Saya pernah membaca suatu artikel di majalah Destinasian, bahwa per Maret 2017, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah memiliki 1054 kedai kopi. Jumlah itu tentu terus bertambah karena data tersebut adalah catatan 2 tahun yang lalu.

Dengan seribu kedai kopi tersebut, sebenarnya saya masih bingung bila ingin sekedar nongkrong untuk #NgopiTiapPekan, #PuraPuraNgopi ataupun #NgopiDemiInstaStory. Bingung karena bila mengajak sobat sambat, tidak semua dari mereka cocok dengan pilihan saya, apalagi soal jarak. Saya pun kadang nggak cocok dengan pilihan teman saya, khususnya bila uang di dompet sedang sekarat alias randedet.

Kebutuhan ngopi saya sederhana. Kedai kopi adalah media bagi saya untuk brainstorming dengan teman-teman. Memunculkan ide-ide baru untuk di eksekusi walaupun pada akhirnya hanya ghibah tentang teman lain yang gak ikutan ngopi.

75% kegiatan ngopi saya gunakan untuk berbincang. Kalau untuk bekerja, saya lebih suka melakukannya di rumah atau kantor. Bukan soal apa, saya itu kerja biasanya lama. Malulah kalau cuman beli kopi 20 ribuan dan masih minta diskon tapi nongkrongnya seharian karena kerjaan nggak kelar-kelar.

Saya sendiri suka sebel kalau ada teman diajak ngopi malah kerja. Lha pas saya sambat atau ghibah dengan berbusa-busa malah ditinggal ngerjain kerjaan, hadeh. Tapi saya juga tak mau kelak dibilang menjilat ludah sendiri. Maka 25% di kedai kopi, saya persembahkan untuk bekerja.

Banyak kedai kopi yang secara khusus memberikan ruang yang nyaman untuk bekerja. Kalau mau dibilang senyaman rumah ya nggak juga karena rumah saya seperti kapal pecah, perabotan berserakan dimana-mana. Tapi paling tidak, ada kedai kopi dengan konsep bekerja senyaman di rumah impian. Yes, rumah impian yang nyaman. Kedai kopi itu adalah Homi Coffee and Space.

Kenyamanan Utama dan Harga Bersahabat

Berada di bilangan Demangan Baru, suatu kawasan kaum urbannya Yogyakarta. Sejak saya masih SMA, wilayah ini adalah tujuan bagi pemuda-pemuda yang ingin terlihat lebih modern. Distro bertebaran di tempat ini. Pokoknya, anak gaul Yogyakarta paling tidak akhir pekan harus kesini walau cuma lewat.

Homi Coffee and Space, Konsep Bekerja Senyaman di Rumah
Foto milik @aqied
Kawasan distro tentu menjadi daya tarik bagi pengusaha-pengusaha untuk menginvestasikan usahanya di Demangan Baru ini. Mulailah beberapa restoran bermunculan, tak lupa kedai kopi mulai mudah ditemukan di berbagai sudut Demangan Baru.

Homi Coffee and Space sendiri berada di Jalan Kenari No. 7, Demangan Baru, Sleman. Lokasinya strategis, sangat gampang di temukan.

Homi Coffee and Space mengusung tema co-working space yang nyaman untuk bekerja. Sesuai dengan namanya pula yang Homi, pemilik mengharapkan tempat ini senyaman bekerja di rumah (impian).

Saya senang berada di sini karena terdapat berbagai pilihan tempat duduk yang bisa kita kavling. Ada sofa besar, ada meja khusus untuk sendiri, meja untuk beramai-ramai, bahkan ada sederet meja khusus untuk bekerja lengkap dengan printer laser di ujung meja. Menggunakan printer di Homi Coffee and Space tidak dipungut biaya, hanya saja kamu perlu membawa sendiri kertasnya. Jangan bilang sama pemilik skripsi setebal 5 RIM itu yang baru viral, nanti dia rajin ke Homi.

Pemilik sendiri lebih mengutamakan kenyamanan dan kebutuhan pengunjung. Alih-alih rajin memberikan diskon biar pengunjung datang, pemilik Homi sangat jarang sekali memberikannya. Kalau kata seorang barista di sebuah film "kopi nikmat akan menemukan tempatnya sendiri". Sama kasusnya dengan Homi, kedai nyaman akan ditemukan oleh orang-orang. Dan tambahan kabar baiknya, harga menu di Homi masih terjangkau.

Menu yang Terus Berkembang

Homi Coffee and Space menjadi kedai kopi yang terus berkembang. Selama 2 tahun ini, pemilik mengatakan bahwa menu-menu di Homi Coffee and Space terus mengalami perkembangan. Kalau dulunya hanya menyediakan kopi dan snack ringan. Kini Homi mulai menyediakan makanan berat yang beragam.

Kekurangan Homi cuman 1, kurangnya visualisasi menu yang berada di daftar menu. Walaupun jikalau memang konsep daftar menu tidak ingin banyak gambar yang aneh-aneh. Media sosial Homi Coffee and Space yang bisa kamu kepo di @homi.coffee (instagram) tidak banyak menampilkan menu yang ada.

Homi Coffee and Space, Konsep Bekerja Senyaman di Rumah
Cold Kiss

Homi Coffee and Space, Konsep Bekerja Senyaman di Rumah
Chicken Grill

Homi Coffee and Space, Konsep Bekerja Senyaman di Rumah
Manuk Nom

Homi Coffee and Space, Konsep Bekerja Senyaman di Rumah
Nasi Goreng ala Homi

Sebagai warga yang ingin melihat tampilan dahulu sebelum memesan makanan seperti saya ini menjadikan memilih menu di Homi sedikit lebih lama dan membutuhkan banyak perbincangan di depan kasir.

Untung saja, kasir dan baritsa di Homi Coffee and Space sabar dan seperti di katakan di awal tadi. Mengutamakan kenyamanan pengunjung. Karena ada juga satu kedai yang di blacklist oleh teman-teman saya karena baristanya kurang ramah. Di Homi, tentu saja tidak. Homi telah nyaman sejak kita membuka pintu kedainya.

Nyaman, poin penting yang membuat kita selalu ingin kembali.



Homi Coffee and Space
Jl. Kenari No.7, Demangan Baru, Caturtunggal, Kec. Depok,
Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Buka Setiap Hari Jam 10.00 - 24.00 WIB

Share this

Content Creator, Fujifilm X-Series Enthusiast, Founder @nyetritbareng Indonesia, Iseng Motret di @purapurangopi

Related Posts

Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
23 Juli 2019 12.49 delete

pas sambat ditinggal kerja atau disambi main hp. Giliran dianya yg sambat, kita kudu siap sedia ndengerin?

Reply
avatar
23 Juli 2019 13.13 delete

Yang di black list yang mana? Yang di tengah kota itukah?
Di homi ada menu nasi dan tempat sholatnya, jadi nggak perlu keluar buat sholat dan makan kenyang :D

Reply
avatar
24 Juli 2019 02.50 delete

tampak depannya bagus , unik

Reply
avatar
24 Juli 2019 09.51 delete

Suka dengan bangunan dengan konsep bata ekpose kayak gitu.

Reply
avatar
24 Juli 2019 10.54 delete

Intinya kalau ke Homi Coffee itu kerja dulu. Kelar kerjaan, baru ngabari ke teman-teman yang lain untuk kumpul. Jadi pas banget ahahahhhahah.

Reply
avatar
24 Juli 2019 12.23 delete

selain nyaman biasanya banyak cari tempat kopi yabg instagramable, termasukkah🤣😛

Reply
avatar
26 Juli 2019 08.55 delete

Sepertinya menunya mantep mantep ya mas..

Reply
avatar
8 Agustus 2019 09.47 delete

Sebagai rakjel hamba gak pernah banget ngopi2 di kafe2 gitu. Minum kopi sachetan saja jarang. :(

Reply
avatar