5 Cara Agar Website Lebih Aman - Ardian Kusuma

a blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Wednesday, December 18, 2019

5 Cara Agar Website Lebih Aman

5 Cara Agar Website Lebih Aman

Saya terkejut tatkala mendengar bahwa blog milik teman terserang hacker. Entah apa yang merasuki hacker dengan meng-hack blog teman yang jarang update itu, -ya seperti blog milik saya ini sih. Lalu kemudian saya berpikir, apakah para hacker itu hanya iseng belaka? Namun kemudian saya memikirkan kembali kenapa seorang hacker mau meng-hack blog yang isinya biasa saja.

Blog biasa pun, seperti milik saya ini tentu memiliki data-data penting. Platform Blogger apalagi. Platform Blogger pasti akan tersambung dengan gawai Android milik kita. Yang dimana terdapat data-data penting di dalamnya. Bila hacker dapat menembus website atau blog milik kita. Maka akan menjadi hal yang berbahaya dan bisa merugikan bila sanggup pula membobol data di gawai. Contohnya adalah pembobolan rekening bank. Zaman sekarang siapa sih yang belum pernah pakai mobile banking.

Tetapi tentu saja ada banyak cara agar semua itu tidak terjadi. Cara-cara yang memerlukan ketelatenan. Website atau blog kita perlu di atur agar memiliki tingkat keamanan yang tinggi sehingga selain untuk melindungi data dan privasi, website atau blog yang aman dapat meningkatkan pengunjung. Karena website atau blog yang aman tentu lebih dapat dipercaya di mata calon pembaca.

Nah, berikut ini adalah 5 cara agar website atau blog kita lebih aman.

1. Gunakan Browser yang Terpercaya

Jangan gunakan sembarang browser. Selalu reset pengaturan dahulu bila menggunakan browser di tempat publik. Juga gunakan browser yang sudah terpercaya, cek juga di bagian versi update untuk mengetahui apakah browser tersebut sudah di versi terbaru atau belum. Browser versi terupdate pasti lebih aman. Kalau browser yang sudah dipercaya ada banyak, contohnya seperti Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, Safari dan lain-lain. Browser yang belum tentu aman biasanya adalah browser bawaan dari gawai. Apalagi bila gawai milik kita adalah gawai dengan garansi distributor, tentu sangat rawan terkena scam, spam dan lain sebagainya.

2. Gunakan Password yang Rumit

Buatlah password website/blog yang rumit namun mudah diingat. Gunakan kombinasi huruf besar, kecil dan angka. Password yang rumit namun mudah diingat bisa juga berisikan hal yang sering kita lihat, contohnya plat nomor kendaraan. Itu hanya contoh saja. Selain itu rutin update password milik kita, bila kita kesulitan mengingat, tulis saja password di buku catatan fisik.

Dengan menggunakan password yang rumit dan rutin kita update maka dapat mencegah website atau blog kita terkena scam dan spam. Apalagi jika kita sering berkunjung di komputer publik dan wifi publik. Cara ini mencegah hacker untuk membobol akun milik kita dengan catatan browser yang diambil dari jaringan wifi publik.

3. Gunakan Template Website/Blog yang Resmi

Penggunaan template asli di website atau blog juga penting. Jangan sembarangan menginstal template. Banyak template gratisan yang justru berbahaya karena diam-diam si pembuat atau orang yang menguasai bahasa pemprograman template memasukan query yang dapat membobol akun milik kita 

Template gratis boleh asalkan berasal dari sumber yang jelas atau resmi. Ada baiknya memang kita membeli template karena sebagian besar akan menjamin keamanan penggunaannya. 

4. Hati-Hati Memilih Plugins

Boleh jadi platform Blogger tidak memerlukan fasilitas plugins ini karena tidak ada. Namun bila kamu pengguna platform Wordpress, memilih Plugins yang terjamin aman wajib dilakukan. Tips dari saya adalah selalu cek situs asal plugins apakah jelas atau tidak.

Paling aman lagi adalah menggunakan plugins populer atau yang direkomendasikan oleh Wordpress. Dengan banyaknya pengguna yang memakai, tentu akan menjadi boomerang bila suatu waktu plugins tersebut bermasalah dengan masalah keamanan. Developer pasti selalu mengupayakan plugins tersebut aman digunakan.

Cara terakhir bila ingin aman menggunakan plugins sesuai keinginan kita adalah cari plugins yang berbayar. Cara ini memang memerlukan biaya tambahan yang tidak sedikit bila plugins yang kita cari  sedikit pilihan atau tidak ada di daftar plugins gratisan.

5. Gunakan SSL

Bila blog kamu menggunakan platform Blogger, ada pengaturan SSL yang bisa kamu aktifkan di dalam pengaturan. Nah bila kamu menggunakan platform selain Blogger, seperti Wordpress misalnya. Sangat di rekomendasikan untuk memasang SSL di website atau blog. SSL atau Secure Socket Layer adalah alat keamanan untuk melindungi website/blog. 

SSL ini sangat berguna sekali untuk website atau blog yang memiliki fasilitas transaksi seperti toko online. Keberadaan SSL ini sudah sangat diakui untuk keamanan website atau blog.

Kamu bisa memilih berbagai macam SSL berdasarkan sertifikat. Di Gudangssl.id misalnya, salah satu penyedia jasa SSL Indonesia. Disana ada sertifikat SSL dengan Brand Sectigo dengan harga terjangkau mulai Rp150.000. Dan bila kamu mengurusi website sebuah perusahaan atau instansi besar, ada Entrust Datacard yang harganya dimulai dari Rp2.800.000an. Namun tentu saja, semakin dipercaya sebuah sertifikat SSL maka pelayanan keamanannya semakin terjamin.

***

Nah, itulah 5 cara agar website atau blog kita menjadi jauh lebih aman. Mulai dari yang mudah dulu. Bila kamu malas dengan cara mudah yang membutuhkan ketelatenan maka tentu saja membeli SSL adalah solusinya.

Add your comment
EmoticonEmoticon