Merasakan Perjalanan Kebahagiaan Melalui Pameran Ekwan Marianto

12/22/2019
Merasakan Perjalanan Kebahagiaan Melalui Pameran Ekwan Marianto

Sangat jarang sekali saya mengunjungi pameran seni tunggal seorang seniman. Biasanya, agar saya lebih dapat puas untuk melihat-lihat instalasi seni. Pameran seni yang sering saya kunjungi adalah pameran seni menampilkan berbagai karya seni, contohnya adalah Art-Jog atau Jogja Biennale yang belum lama ini dilaksanakan.

Saya senang mengunjungi pameran seni dengan berbagai macam instalasi seni agar tidak bosan dengan 1 karya seni seorang seniman saja. Bila saya tidak paham dengan satu instalasi seni, saya bisa pindah ke instalasi karya seni yang lain. Karena latar belakang saya sendiri bukan seorang yang mengerti betul tentang karya seni, apalagi karya seni tersebut cukup rumit.

Namun tentu saja saya juga pernah mengunjungi sebuah pameran karya seni tunggal. Walaupun itu beberapa tahun lalu. Saya mengunjungi pameran tersebut karena seniman yang memamerkan karyanya tersebut saat itu juga muncul di sebuah film Indonesia yang cukup terkenal. Nah, di hari Sabtu (21/12) saya akhirnya kembali dapat mengunjungi sebuah pameran karya seni tunggal.

Merasakan Perjalanan Kebahagiaan Melalui Pameran Ekwan Marianto

Pameran karya seni tunggal yang saya kunjungi adalah The Journey of Happiness oleh Ekwan Marianto. Ekwan Marianto adalah seorang seniman asal Tuban, Jawa Timur yang telah lama menetap di Yogyakarta. Tema The Journey of Happiness ini adalah pameran tunggalnya yang ke-5. Ekwan Marianto akan menampilkan 40 karya terbarunya dan juga sebuah buku yang memuat tentang perjalanan berkesenian seorang Ekwan Marianto.

Pameran The Journey of Happiness ini berlangsung mulai Sabtu, 21 Desember 2019 hingga selesai Sabtu, 4 Januari 2020 dengan tiket masuk cuma-cuma (free). The Journey of Happiness dilaksanakan di Taman Budaya Yogyakarta sehingga sangat strategis bagi wisatawan yang ingin sekalian mengunjungi sebuah pameran karya seni. Menurut sepengetahuan saya, hanya pameran karya seni dari Ekwan Marianto ini yang dilaksanakan di akhir tahun ini. Jadi jangan sampai terlewatkan.

Sekilas The Journey of Happiness

Memasuki ruang galeri Taman Budaya Yogyakarta untuk sebuah pameran karya seni tunggal sudah menunjukan bahwa seniman yang berhasil memamerkan karyanya di tempat ini adalah bukan seniman sembarangan. Jean Coutreau, kurator seni asal Prancis yang terlibat di pameran tunggal Ekwan Marianto berkata bahwa Ekwan adalah seniman sederhana yang karyanya luar biasa.

Begitupun dengan Bapak Agung Tobing, -kolektor dan promotor pameran, juga menilai bahwa karya seni Ekwan Marianto sangat sesuai dengan apa yang dia inginkan. Sehingga beliau tidak ragu untuk mempromotori Ekwan Marianto dan kemudian mengkoleksi karya-karyanya (Ekwan Marianto) di galeri pribadi miliknya.

Merasakan Perjalanan Kebahagiaan Melalui Pameran Ekwan Marianto

Saya pun memandang sekilas karya Ekwan Marianto ini sederhana namun mengena. Sama seperti tutur kata Ekwan Marioanto sendiri yang lembut dan sederhana. Bahkan berjumpa dengan Ekwan sangat tidak menunjukan beliau adalah seorang perupa yang handal. Mungkin saya sudah kadung tersugesti bahwa seorang seniman adalah seorang yang nyentrik, seperti di film-film itu.

Banyak karya Ekwan yang saya senangi. Khususnya instalasi lukisan kayu yang di tata sedemikian rupa hingga membentuk satu kesatuan utuh yang berisi banyak gambar. Gambar lukisan kayu Ekwan Marianto begitu sederhana, seperti gambar anak-anak, gambar binatang seperi ikan, beberapa ada abstrak tetapi tetap mudah untuk dimengerti.

Merasakan Perjalanan Kebahagiaan Melalui Pameran Ekwan Marianto

Warna-warninya yang dominan cerah seperti hijau dan biru membuat kesan gembira hadir bagi yang melihat. Selain lukisan kayu, karya Ekwan yang dipamerkan ada yang lain seperti lukisan kanvas. Lukisan kanvas yang paling menjol adalah lukisan yang memuat beberapa ekspresi atau bentuk wajah, menarik.

Karya Ekwan Marianto yang tak kalah menarik adalah beberapa patung dari fiber yang di cat warna-warni. Dan yang paling wah menurut saya adalah lukisan kayu yang dilukis pada kayu-katu raksasa yang tentu saja nilainya sangat besar.

Begitu sederhananya Ekwan Marianto hingga bisa merasuk pula di karya-karyanya. Sehingga, saya ini yang nggak begitu paham dengan karya seni dapat menikmati dengan senang hati. Yuk, yang lagi di Yogyakarta, kamu bisa datang mengunjungi The Journey of Happiness oleh Ekwan Marianto yang masih akan berlangsung hingga 4 Januari 2020 di Taman Budaya Yogyakarta.

THE JOURNEY OF HAPPINESS
Oleh: Ekwan Marianto
Taman Budaya Yogyakarta
09:00 - 21:00
HTM: FREE

Share this

Content Creator, Founder @nyetritbareng, Admin @kopi.web.id, 5th Place Winner APWI Kemenpar 2018 & 4th Place Winner APWI Kemenpar 2019.

Related Posts

Previous
Next Post »

Add your comment EmoticonEmoticon