Berbagai Cara Menghasilkan Uang dari Internet - Ardian Kusuma

a blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Wednesday, December 11, 2019

Berbagai Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Berbagai Cara Menghasilkan Uang dari Internet

Di zaman yang serba digital ini, kita perlu pandai untuk memanfaatkannya. Menghasilkan uang dari internet secara legal bukan hal yang tidak mungkin di zaman ini. Pengalaman saya, ada beberapa cara baik yang mudah maupun cara yang sulit. Cara sulit disini adalah prosesnya yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Untuk cara yang mudah, beberapa diantaranya tidak memerlukan keahlian khusus. Namun untuk cara yang sulit, beberapa diantaranya memerlukan keahlian dan ketelatenan agar dapat menghasilkan profit secara maksimal.

Nah, jika kamu sudah penasaran bagaimana cara menghasilkan uang dari Internet. Berikut beberapa caranya:

1. Afiliasi

Istilah ini mungkin sudah sering kamu dengar belakangan ini. Dalam kamus bahasa Inggris, Afiliasi yang diambil dari kata Affiliation berarti keanggotaan. Nah, Afiliasi disini adalah penawaran untuk menyebarkan program pendaftaran member atau anggota baru. Saat kita bergabung dalam program afiliasi kita harus menyebarkan link atau kode referensi kepada seseorang untuk mendaftar juga pada program yang kita ikuti.

Kelebihan program Afiliasi ini kita tidak dituntut secara target sehingga kita bisa menyebarkan link atau kode referensi sesuka hati kita. Namun tentu saja, hasil yang kita dapat akan sesuai dengan kegigihan kita dalam menyebarkan link atau kode referensi. Kalau malas-malasan ya kita hanya mendapat sedikit pundi rupiah. Kekurangan program ini adalah nominal yang tidak terlalu besar. Namun bila sudah sukses dan link atau kode referensi kita tersebar, maka pundi uang akan masuk dengan lancar.

Program afiliasi bisa darimana saja, paling sering saya temui adalah program afiliasi dari penyedia jasa webhosting. Tujuannya adalah agar banyak member yang mendaftar di penyedia jasa webhosting tersebut dan mencoba layanannya. Ada pula program afiliasi dari toko online, selain kredit uang, kita bisa mendapatkan voucher potongan harga ataupun voucher ongkos kirim.

2. Kode Referral

Mirip dengan program Afiliasi, program kode referral juga sering kita jumpai khususnya pada aplikasi-aplikasi toko online, bank ataupun jasa. Kode refferal ini lebih sulit untuk disebarkan karena bentuknya adalah kode dan harus dimasukan pada kolom tertentu sehingga kadang malah ribet.

Tetapi khusus untuk kode referral ini hasil yang kita dapatkan akan cukup besar. Karena biasanya, selain kita akan mendapatkan hasil berupa kredit poin atau uang tunai saat orang mendaftar suatu aplikasi dari kode referral milik kita, kita bisa mendapatkan tambahan saat orang yang memakai kode refferal kita bertransaksi untuk pertama yang dilakukan.

Beberapa aplikasi khususnya yang berhubungan dengan perbankan sangat loyal memberikan kredit poin. Baru-baru ini saya mendapatkan kredit senilai Rp150.000 untuk pendaftaran saya pada sebuah aplikasi penyedia jasa kredit. Sebuah jumlah yang lumayan besar.

3. Menjual Foto dan Video

Salah satu cara saya mendapatkan uang melalui internet adalah menjual foto dan video yang saya miliki. Ada banyak penyedia jasa jual-beli foto dan video di Internet. Yang paling sering saya gunakan adalah Shutterstock karena kemudahan upload dan yang paling sering digunakan perusahaan untuk mencari stok foto dan video.

Untuk cara yang satu ini gampang-gampang susah dan perlu sedikit keberuntungan. Kenapa perlu keberuntungan, karena kita tidak tahu foto apa yang diinginkan oleh calon pembeli. Untuk mensiasati itu semua ya kita upload saja berbagai jenis foto yang kita miliki. Tentu saja tetap harus memenuhi standar dari penyedia jasa jual-beli foto seperti minimal ukuran, kejelasan foto dan paling penting tidak melanggar hak cipta.

Foto di akun Shutterstock saya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk terjual. Dan saat rata-rata foto yang terjual di akun saya mengarah pada genre food photography maka beberapa foto yang kemudian saya upload tidak jauh-jauh dari genre food photography. Bagi yang akun Shutterstocknya sudah dikenal, maka akan semakin mudah pula foto dan video laku. Teman-teman saya tinggal duduk manis menanti uang hasil jualan foto dan video, enak sekali.

4. Mendaftar Menjadi Buzzer

Bila kita memiliki followers yang lumayan banyak di akun sosial media kita. Tidak ada salahnya untuk kita mendaftar menjadi seorang buzzer. Semakin banyak followers maka akan semakin tinggi nilai jual satu postingan kita di sosial media.

Mendaftar sebagai buzzer sangat gampang. Ada banyak situs agensi yang secara terang-terangan membuka peluang menjadi buzzer. Kita tinggal daftar, tentukan tarif per postingan lalu menunggu ada job atau pekerjaan untuk membuzzing.

Bisa juga job atau pekerjaan buzzer itu kita perlu mendaftar. Bila followers dan tarif per postingan kita cocok di mata agensi, maka peluang untuk mendapatjan job atau pekerjaan kita semakin besar. Tips dari saya untuk cara ini adalah pilihlah job atau pekerjaan sesuai bidang atau minat kita. Hindari membuzzing sesuatu yang belum kita ketahui atau coba. Jadi buzzer pemerintah atau oposisi apalagi, jangan sampai pertemanan kita pecah karena kita menyebarkan hal yang seharusnya tidak perlu.

5. Menjadi Seorang Blogger atau Content Creator

Cara ini menurut saya paling sulit. Menjadi blogger sebenarnya bertujuan untuk menuliskan minat dan pengalaman kita bukannya mencari uang. Dalam 2 tahun awal saya ngeblogpun tidak ada uang yang datang. Baru setelah pembaca banyak datang ke blog milik saya, maka kemudian banyak pula agensi yang menawarkan content placement di blog milik saya.

Ya, butuh waktu untuk menjadi blogger yang menghasilkan uang. Kita perlu konsisten menulis berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Selain menjadi blogger kita juga dapat menjadi seorang content creator, salah satu produk content creator adalah Vlogger. Semuanya tetap membutuhkan waktu hingga pembaca atau viewers kita tumbuh banyak.

Selain dari content placement, kita dapat pula memasangkan ad-sense di blog atau akun Youtube milik kita. Khusus ad-sense ini tentu hukumnya wajib memiliki pembaca dan viewers yang memenuhi syarat. Tertarik menjadi seorang blogger atau content creator? Kamu bisa membeli hosting murah untuk memulainya.

***

Nah, mudahkan menghasilkan uang dari Internet. Kalian bisa coba dari cara termudah dahulu. 

Add your comment
EmoticonEmoticon