Intip Review Suzuki APV Arena, Minibus Serba Guna Andalan Pengusaha - Ardian Kusuma

a blog about lifestyle and photography

Latest Update
Fetching data...

Wednesday, February 19, 2020

Intip Review Suzuki APV Arena, Minibus Serba Guna Andalan Pengusaha

Intip Review Suzuki APV Arena, Minibus Serba Guna Andalan Pengusaha

Jakarta – Sebagian besar produsen otomotif di dunia membuat mobil minibus kelas premium dengan desain boxy semi bonnet. Gaya tersebut juga digunakan oleh Suzuki untuk membuat APV Arena. Meskipun terlihat sederhana, namun desainnya tetap terlihat menarik.

Bisa dilihat pada fascia depan yang menggunakan gril radiator berukuran cukup besar serta aksen krom pada sisi atas dan bawah yang dipadukan dengan lampu depan yang dibuat menyatu dengan gril.

Lampu utama pada Suzuki APV generasi terbaru dibuat lebih besar dengan tambahan multi-reflector. Di sisi lain, gril dan bemper depannya juga mendapatkan desain terbaru dengan disematkan aksen krom yang terlihat lebih gagah.

Pada sisi samping, bagian spion mobil disematkan lampu sein. Ditambah, list di pintu dari depan sampai belakang yang memberikan kesan stylish pada Suzuki APV Arena ini.

Bagaimana dengan dimensi mobil tersebut? Suzuki APV Arena dinilai sebagai minibus yang bongsor dengan memiliki ukuran panjang 4.225 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.885 mm, serta wheelbase 2.625 mm. Namun, mobil tersebut masih muat jika melalui jalan perkampungan yang cukup sempit.

Pengendalian Suzuki APV Arena Tidak Istimewa

Suzuki APV Arena telah mengandalkan suspensi tipe MacPherson Strut & Coil Spring pada bagian depan dan 3 Link Rigid Axle with Coil Springs di bagian belakang. Meskipun karakter suspensinya empuk, namun pengendalian mobilnya dinilai limbung.

Selain itu, handlingnya biasa saja karena ukuran mobil yang jangkung dan ground clearance tinggi, yaitu 17.5 cm. Karakter Suzuki APV Arena ini lebih cocok untuk dibawa berkendara dalam perjalanan jarak jauh yang butuh kecepatan tinggi.

Sayangnya, untuk fitur keselamatannya sendiri, Suzuki APV Arena belum disematkan fitur ABS dan rem belakangnya masih tromol. Mobil besutan Suzuki tersebut hanya mengandalan struktur rangka TECT (Total Effective Control Technology) yang berfungsi mengalihkan energi jika terjadi benturan. Selain itu, bodi monokok dan dipadukan dengan Ladder Frame sehingga terlihat sangat kokoh, ringan, serta aman.

Kabin Sedernana dan Lega

Perlu diketahui bahwa Suzuki APC Arena ini merupakan mobil versi upgrade dari Suzuki Carry yang legendaris. Desain kabinnya terlihat sederhana, namun elegan. Keunggulan dari APV Arena adalah muatannya yang bisa mencapai delapan orang.

Di sisi lain, Suzuki APV Arena menawarkan tipe SGX sebagai varian tertinggi dari keluarga APV. Kabin pada varian tersebut diatur sedemikian rupa agar terlihat menawan. Terdapat pengaturan kursi dengan model captain seat serta kompartemen AC Double Blower yang didesain rapi dan lebih tipis. Untuk fiturnya pun tidak bisa dianggap remeh karena telah disematkan head unit double din dan hand rest di kursi.

Add your comment
EmoticonEmoticon